Yamaha

Lahan Relokasi Terbatas, PKL di Atas Trotoar Jatinegara Tak Ditertibkan

  Minggu, 01 Desember 2019   Editor
Ilustrasi PKL (Harapanrakyat.com)

JATINEGARA, AYOJAKARTA.COM -- Pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di sepanjang trotoar di Jalan Matraman Raya, Pasar Ikan Jatinegara, Jakarta Timur, ditata petugas Satpol PP, Minggu (1/12/2019).

"Sifatnya hanya penataan pedagang kaki lima saja. Mereka kita minta bergeser, mepet ke pagar supaya tidak menghalangi pejalan kaki di trotoar," kata koordinator lapangan Satpol PP Jatinegara Heriyanto.
 
Alasan petugas tidak mensterilkan trotoar dari pedagang kaki lima (PKL) karena lahan relokasi yang terbatas.
 
Dari total 300 PKL di lokasi itu, kata dia, separuh di antaranya telah direlokasi menuju Pasar Subuh Ikan Hias Jatinegara.
 
"Sebagian sudah kita relokasi bulan lalu, tinggal sebagian lagi sedang dicari tempatnya. Sambil menunggu, kita tata mereka dulu agar tidak menghalangi pejalan kaki di trotoar," ujarnya.

Kepala Seksi Penindakan Satpol PP Jakarta Timur, Ahmad Ruslan mengatakan ratusan PKL di trotoar Jatinegara dalam proses relokasi.

"Hari ini kita kerahkan 60 personel pagi dan 60 personel lagi sore hari. Relokasi pedagang dilakukan bertahap agar kondusif," kata dia.
 
Penataan trotoar sempat diwarnai keluhan pedagang yang mayoritas memperjualbelikan burung kicau dan aksesoris anak-anak.
 
Sejumlah pedagang mengaku menolak direlokasi sebab lokasi baru yang tidak strategis.
 
"Sewanya juga lumayan. Kita nggak mau ditinggal pelanggan karena harga kita mahal," tutur Pratikdo (51) pedagang burung kicau.

 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar