Yamaha

Ini Ritual Komika Indra Frimawan Sebelum Open Mic

  Selasa, 03 Desember 2019   Dhika Alam Noor
Komika Indra Frimawan (Ayojakarta.com/Dhika Alam Noor)

KEBAYORAN BARU, AYOJAKARTA.COM -- Rasa gugup pasti pernah dialami para pelawak tunggal atau komika saat tampil. Tak terkecuali komika Indra Frimawan.  

Komika yang tergabung dalam Komunitas Stand Up Comedy Jakarta Barat itu selalu mengatasi gugup dengan berjalan ringan. 

Menurut komika jebolan Stand up Comedy Indonesia (SUCI) 5 itu, cara tersebut ampuh baginya untuk membuat rileks tubuh. Sehingga ketika tampil atau open mic di panggung bisa maksimal. Tentu Indra sudah menguasai materi yang akan disampaikannya. 

''Selain materi ya karena materi senjata utama, itu pasti. Di samping itu harus punya mental juga. Maksudnya kepada siapa kita berbicara, seperti apa karena penonton stand up comedy berbeda-beda,'' ujar Indra saat berbincang dengan Ayojakarta, Selasa (3/12/2019).

Indra sendiri mendapat juara dua dalam kompetisi stand up comedy bertajuk Mati Ketawa Ala PUPR pada Senin (2/12/2019). Menurutnya, saat tampil di panggung sebisa mungkin tema dan tata bahasa menyesuaikan dengan tempatnya. 

AYO BACA : Final Mati Ketawa Ala PUPR Sukses Digelar, Inilah 3 Pemenangnya

''Kalau misalnya di lomba ini karena gua tau pejabat publik dan banyak yang lebih tua juga. Jadi lebih sopan. Gua pembawaan stand up-nya pakai kata saya biar lebih enak didengar gitu,'' tuturnya. 

Ritual jalan ringan memang telah menjadi kebiasan milenial berusia 28 tahun itu sebelum berada di atas panggung. Pasalnya setiap komika pasti dibayangi oleh penampilan tidak lucu atau istilahnya ngebom. 

''Itu ritual gua. Ritual sebelum tampil karena grogi pasti kan dan badan gua pasti tidak enak. Ada pikiran pasti kalau tidak lucu bagaimana. Pikiran negatif pasti ada. Nah gua jalan-jalan itu buat melancarkan aliran darah,'' terangnya. 

Cara tersebut tak pernah ditentukan durasinya. Paling penting ketika badannya sudah rileks dan merasa sudah tidak gugup. Artinya dirinya sudah siap tampil membawakan materi yang telah dihapalkanya. 

''Gua tidak bisa matokin juga jalan jalan buat lemesin otot. Biasanya sambil jaln jalan dengerin musik karena kalau materi pasti gua sudah hapal. Tinggal badan gua gimana caranya biar rileks,'' demikian Indra. 

AYO BACA : Pemenang Mati Ketawa Ala PUPR Bakal Direkrut Jadi Duta Kementerian

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar