Belajar Mengelola Sampah di Saung Edukasi Jakbar

  Rabu, 04 Desember 2019   Editor
Peresmian saung edukasi pengelolaan sampah (Beritajakarta.id/Rudi Hermawan)

CENGKARENG, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah Kota jakarta Barat meresmikan penggunaan saung edukasi pengelolaan sampah di Asrama Lingkungan Hidup, Jalan Bambu Larangan, Cengkareng, Rabu (4/12). 

''Ini luar biasa, dan ini baru ada satu di DKI Jakarta adanya di Jakarta Barat. Semua bisa manfaatkan saung ini, tidak hanya untuk warga Jakarta Barat,'' kata Wali Kota Jakbar Rustam Effendi didampingi Kepala Sudin Lingkungan Hidup Jakbar Edy Mulyanto dan sejumlah pejabat.

Pendirian saung edukasi untuk mengajak masyarakat dan pelajar mempelajari tentang pengelolaan sampah, sehingga sampah yang dibuang ke Tempat Penampungan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang berkurang. 

''Jadi, kita memang harus terus menerus melakukan upaya mengurangi sampah dan bergantung dengan Bantar Gebang,'' ujar Wali Kota Rustam. 

Di saung edukasi, masyarakat bisa belajar mengolah sampah mulai dari pemilahan, pencacahan, daur ulang, komposting dan sebagainya. Semua pihak diminta terlibat dalam upaya pengurangan sampah. 
''Ini tidak bisa dilakukan sendiri, harus melibatkan masyarakat, dunia usaha dan lainnya,'' kata Wali Kota Rustam. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Andono Warih menambahkan, saung tersebut adalah sarana edukasi pengelolaan sampah yang merupakan bantuan dari Bank Indonesia. Melalui fasilitas ini diharapkan bisa terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara berkelanjutan untuk mengurangi sampah mulai dari sumbernya. 

''Bersama stakeholder kami akan terus berupaya menambah sarana edukasi pengelolaan sampah,'' ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar