Yamaha

Perbaikan Tanggul Muara Baru yang Jebol Dimulai, Anies: Pemprov DKI Hanya Support

  Kamis, 05 Desember 2019   Aprilia Rahapit
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Ayojakarta.com/Aprilia Rahapit)

JAKARTA SELATAN, AYOJAKARTA.COM -- Perbaikan tanggul yang jebol sekitar 100 meter di pantai utara kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, mulai berjalan.  

Perbaikan tanggul ini dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air (Puslitbang SDA).

"Itu tanggul yang dibangun kementerian PUPR sehingga Alhamdullillah kita bersyukur teman-teman dari Kementerian PUPR sudah dari hari Selasa (2/12/2019) sore mereka bekerja di sana," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2019).

Pemprov DKI sendiri tidak bisa berbuat banyak, karena tanggul tersebut masuk proyek terpadu pesisir ibu kota negara atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang dikelola Kementerian PUPR.

"Jadi kejadian itu adalah kawasan yang dikelola PUPR, kita support saja," JELASnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan, robohnya tanggul tersebut tidak berdampak besar terhadap pembangunan proyek NCICD,

"Aman. Itu kan ada dua tanggul, yang roboh kan baru satu yang tahun kemarin. Yang satunya lagi tanggulnya masih ada," kata Juaini saat dikonfirmasi, Rabu (4/12/2019).

Saat ini kerusakan yang terjadi sudah ditangani Kementerian PUPR dengan memasang sementara pagar pengaman di sekitar tanggul jebol.

"Saya lihat sih sementara lagi di pengaman ini aja, pagar pengaman. Pagar pengaman aja, pagar seng," tutur dia.

Tanggul proyek NCICD ini akan dibangun sepanjang 29,05 kilometer yang tersebar sepanjang pantai Muara Baru, Kamal Muara dan Kali Baru. Hingga saat ini pembangunannya sudah mencapai 8,22 kilometer.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar