Yamaha

Adinia Wirasti Ajak Masyarakat Jadi Calon Pendonor Kornea

  Kamis, 05 Desember 2019   Istihanah Soejoethi
Aktris Adinia Wirasti (Instagram/@adiniawrst)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Di Indonesia diperkirakan satu dari 1000 orang menderita kebutaan akibat kerusakan kornea. 

Masalah kebutaan tersebut dapat diatasi melalui operasi cangkok kornea atau transplantasi. Namun, jumlah donor kornea yang ada di Indonesia dapat dikatakan masih cukup rendah. 

Lions Eye Bank Jakarta (LEBJ) hadir untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait jumlah kebutaan kornea dan apa yang dimaksud dengan cangkok kornea sehingga jumlah masyarakat Indonesia yang ingin mendaftar sebagai calon donor mata akan semakin meningkat. 

LEBJ yang disahkan Maret 2018 merupakan bank mata dan organisasi non profit dan merupakan hasil kerja sama Lions Club International(LCI) dengan Jakarta Eye Center (JEC). 

LCI memilih Rumah Sakit Mata JEC sebagai rekan kerja dalam mendirikan bank mata karena JEC dinilai memiliki alat yang lengkap dan sesuai dengan perkembangan teknologi terdepan untuk pemeriksaan mata sebelum, pada saat dan setelah operasi cangkok kornea. 

''Lions Eye Bank Jakarta didirikan sebagai wujud sosial dengan misi menjadi wadah terpercaya, tidak hanya bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan karena kelainan kornea, namun juga bagi mereka yang secara sukarela ingin menolong sesama mendapatkan perbaikan penglihatan dengan mendaftar sebagai calon donor kornea,'' jelas Pendiri dan Kepala Lions Eye Bank Jakarta Dr. Sharita, Kamis (5/12/2019).

Untuk lebih meningkatkan definisi dan kesadaran pentingnya donasi kornea, Lions Eye Bank Jakarta dengan bangga memperkenalkan Adinia Wirasti sebagai duta dari kampanye Help Them to See. Kolaborasi ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat Indonesia dalam menyebarluaskan visi dan misi Lions Eye Bank Jakarta dalam mengorganisir kegiatan donor kornea untuk dapat memberikan penglihatan bagi mereka yang membutuhkan. 

Adinia Wirasti, aktris yang juga sudah lama aktif di bidang sosial sangat tergerak untuk mengajak masyarakat Indonesia dalam mendaftar menjadi calon donor kornea bagi kehidupan orang lain yang lebih baik.

''Alasan utama saya mendalami seni peran dan film adalah untuk berbagi cerita melalui media visual. Melihat pentingnya medium visual, saya tergerak untuk membantu mereka yang memiliki kelainan kornea mata agar dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Selain warisan seni yang saya tinggalkan, saya juga ingin tetap dapat menjadi manfaat bagi orang lain di saat saya sudah tiada nanti,'' papar pemain Film Ada Apa dengan Cinta itu. 

Adinia berharap dengan menyuarakan edukasi mengenai donor kornea akan menjadi titik terang bagi masyarakat yang selama ini masih belum tahu dan tergerak untuk membantu mereka yang membutuhkan.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar