Kapolres Bekasi: Kalau Ada Perda Miras, yang Minum di Rumah Juga Bisa Ditindak

  Jumat, 06 Desember 2019   Aldi Gultom
Ilustrasi minuman beralkohol atau minuman keras. (honestdocs.id)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Kapolres Metropolitan Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto, meminta pihak eksekutif dan legislatif di wilayahnya untuk menerbitkan peraturan daerah (Perda) yang mengatur soal minuman keras alias miras.

"Saya sendiri sebenarnya telah mengusulkan kepada Pemerintah Kota Bekasi beberapa bulan lalu agar Perda soal miras dibuat dan dapat segera diterapkan di Kota Bekasi," katanya, Jumat (6/12/2019).

Alasannya meminta penerbitan Perda Miras adalah tren peningkatan aksi kejahatan jalanan yang dilatarbelakangi pengaruh alkohol.

"Ini sangat mengganggu Kamtibmas, (miras) harus diatur dalam Perda. Sudah saya sampaikan juga kepada Wali Kota," terang Indarto.

Indarto mengaku sejauh ini petugas hanya dapat menindak konsumen dan penjual miras yang meresahkan umum. Bila Perda Miras dikeluarkan, dirinya berharap petugas di lapangan dapat leluasa menindak pengguna miras di rumah-rumah.

"Sejauh ini kalau yang minum di rumah, kami tidak bisa menindak karena kami menggunakan pasal keresahan di depan umum," ucapnya.

Ia tegaskan lagi bahwa Perda Miras dapat membantu petugas kepolisian mengentaskan penyakit masyarakat dan aksi-aksi yang melanggar hukum.

"Perda ini yang nanti akan menjangkau, karena 80 persen aksi kejahatan berawal dari minum-minuman keras. Aksi tawuran remaja juga banyak didominasi pengaruh miras," terang Indarto.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar