Yamaha

Yuk Intip Tren Modifikasi Mobil Listrik

  Jumat, 06 Desember 2019   Editor
Kontes modifikasi mobil listrik di Indonesia (JPNN/Ridha)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Di pasar otomotif global, tren mobil listrik sudah tumbuh pesat. 

Begitu pula di Indonesia yang diprediksi akan naik mulai tahun depan bersamaan efektifnya perpres dan PP terkait kendaraan listrik.

Sejalan dengan itu, dunia modifikasi lambat laun menyesuaikan ke mobil elektrifikasi.

Juri Grand Final Intersport Auto Show 2019 Dino Dalle Carbonare dari Speedhunter mengatakan, mobil listrik akan menjadi tren di masa depan.

''Saya punya banyak pengalaman dengan mobil listrik. Mereka menyenangkan dan saya tidak paham mengapa banyak orang yang membencinya,'' kata Dino, Jumat (6/12/2019).

Pria asal Amerika Serikat yang tinggal di Jepang itu mengatakan, tren memodifikasi mobil listrik pasti akan tiba.

Di Jepang sudah ada Komunitas Nissan Leaf. Dan mereka memodifikasi mobilnya terutama pada sektor suspensi, pelek, dan eksterior.

''Pada sektor-sektor itu kan tidak berbeda dengan mobil konvensional. Kecuali menyentuh bagian powertrain, ini jelas beda,'' jelas Dino.

Kendati demikian, tentu akan menyenangkan melihat modifikator menggali cara baru mengoptimalkan performa sebuah mobil listrik. 

''Bagaimana mereka mapping ECU, mengatur throttle, distribusi torsi pada roda. Saya pikir ini menjadi era baru yang menyenangkan,'' ujar Dino.

Jika melihat tren di Indonesia, modifikasi mobil elektrifikasi sejatinya sudah ada. Misalnya Honda CR-Z Hybrid. Meski ubahan baru sebatas bagian eksterior, interior, dan kaki-kaki.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar