Rambo Versus Leng Leng

  Minggu, 08 Desember 2019   Editor
esaJaya Suprana/Dok pribadi

Jika industri film Hollywood menampilkan tokoh bernama Rambo diperankan Sylvester Stallone di dalam serial film laris “Rambo” sebagai prajurit super-patriotik digdaya membela kepentingan Amerika Serikat di segenap pelosok planet bumi abad XX maka industri film Beijingwood menampilkan tokoh bernama Leng Feng diperankan Wu Jing di dalam serial film laris “Wolf-Warrior” sebagai prajurit super-patriotik digdaya membela kepentingan Republik Rakyat China di segenap pelosok planet bumi abad XXI.  

Pada panggung perebutan kekuasaan geopolitik  planet bumi masa kini, Rambo bertarung versus Leng Feng membela supremasi negara, bangsa dan rakyat masing-masing.

Semangat Patriotik

Saya merasakan betapa gelora semangat patriotik Leng Feng menggebu di berbagai pelosok dunia masa kini terutama di negara-negara berkembang di benua Asia dan Afrika. Agak beda dari Amerika Serikat maka gelora semangat patriotik RRChina diejawantahkan bukan dengan senjata militer namun program OBOR yang digelorakan Xi Jinping untuk membangun Jalan Sutra Abad XXI demi membangkitkan kembali kejayaan China menguasai planet bumi.

Supremasi RRChina tampak nyata pada pulau reklamasi Colombo Port City, Sri Lanka yang sedang gigih dibangun oleh para pekerja profesional yang tergabung pada laskar ekonomi dan teknologi RRChina di pantai barat Kolombo menghadap ke Samudra Hindia.

Infrastruktur

RRChina telah resmi mengambil-alih hutang Sri Lanka kepada IMF untuk membiayai program pembangunan infra struktur mulai dari jalan raya, jembatan, pulau, informatika sampai satelit pertama Sri Lanka bernama Rahwana I yang telah diluncurkan pada 21 April 2019.  China juga membangun kawasan pelabuhan alam legendaris Habantota untuk kembali berjaya sebagai pelabuhan terbesar dan tersibuk di Asia Selatan sebagai mata rantai untaian Jalan Sutra Maritim di Samudra Hindia.

One Galle Face Mall sebagai bangunan bertetangga yang menjadi satu kawasan melekat dengan hotel Shangri La di tepi pantai barat Kolombo menghadap ke Samudera India merupakan mall termegah dan termewah di Sri Lanka yang dibangun oleh arsitek Chao Tse An.

Di lantai teratas mal keren itu hadir cabang restoran chinese tersohor Crystal Jade Hongkong Kitchen senantiasa penuh-sesak dipadati para anggota laskar ekonomi dan teknologi Republik Rakyat China yang sedang giat membangun infra struktur Sri Lanka dengan gelora semangat supra patriotik Leng Feng membangkitkan kejayaan China menguasai planet bumi.


Jaya Suprana
Penulis pembelajar geopolitik planet bumi abad XXI

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar