Yamaha

Cara Jokowi Menghormati Atlet Filipina Roger Casugay

  Senin, 09 Desember 2019   Aldi Gultom

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Presiden Joko Widodo mengapresiasi peselancar tuan rumah Roger Casugay, yang rela melepas peluang juara di cabang Selancar Longboard Putra dalam ajang SEA Games 2019.

Casugay kehilangan peluang meraih emas karena menolong atlet Indonesia, Arip Nurhidayat, yang tergulung ombak besar pantai Monalisa di La Union, Filipina, Jumat (6/12/2019) lalu.

"Memenangkan kompetisi itu penting, sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya," cuit Presiden Jokowi melalui akun media sosial @jokowi, beberapa saat lalu. 

Dalam pernyataan yang diunggahnya di fan page facebook, Twitter dan akun Instagram miliknya, Presiden Jokowi menghormati Roger Casugay yang merelakan kesempatan meraih medali emas demi menolong pesaingnya dari Indonesia. 

"Apresiasi saya untuk Roger Casugay, peselancar Filipina yang melepas kesempatan meraih emas demi menolong atlet Indonesia yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia," tulis Presiden Jokowi. 

Ramai diberitakan sebelumnya, Casugay yang saat itu memiliki peluang untuk memenangkan lomba, memilih meninggalkan perlombaan karena melihat pesaingnya dari Indonesia terlepas dari papan selancar dan terbawa ombak besar. Casugay menolong Arip dan berbagi papan selancar hingga ke tepi pantai. 

Seorang peselancar lokal, Jefferseon Ganuelas, yang menyaksikan langsung aksi heroik Casugay itu melalui halaman facebook pribadinya menyampaikan, saat pertandingan sedang berlangsung, papan selancar milik Arip patah sehingga dia terlempar dan terjatuh dengan kepala lebih dulu. 

Roger Casugay kemudian menolongnya tanpa memikirkan lagi perlombaan untuk mendapatkan medali. Arip sendiri yang tidak menyangka memperoleh pertolongan tersebut dan menilai Casugay sebagai seorang juara sejati. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar