Yamaha

Pahlawan Kemanusiaan

  Selasa, 10 Desember 2019   Editor
Aksi surfer Filipina, Roger Casugay, menolong Arip Nurhidayat saat keduanya berkompetisi memperebutkan medali emas di nomor longboard putra SEA Games 2019. (Foto: Twitter @Jokowi)

Di tengah maraknya berita sesama manusia membinasakan sesama manusia, mendadak muncul berita sesama manusia menyelamatkan sesama manusia.

SEA Games

6 Desember 2019 , atlet selancar Filipina, Roger Casugay dan atlet selancar Indonesia, Arip Nurhidayat sedang sengit bertarung memperebutkan medali emas pada nomor longboard putra SEA Games di Filipina. 

Saat pertarungan memasuki menit ke-18, mendadak tali kekang yang dikenakan Arip lepas sehingga penyelancar Indonesia itu tertelan ombak. 

Melihat insiden itu, Roger melupakan perjuangan memperebutkan medali emas SEA Games demi menyelamatkan Arip dari maut ditelan amukan ombak sampai setinggi tiga meter. 

Akhirnya dengan susah-payah Roger berhasil menyelamatkan Arip yang setiba di daratan langsung mengangkat tangan kanan Roger serta menyatakan sang penyelamatnya sebagai juara sejati.

Medali emas lepas dari tangan Roger Casugay akibat sang atlet Filipina meninggalkan gelanggang pertarungan demi menyelamatkan sang atlet Indonesia .

AYO BACA : Cara Jokowi Menghormati Atlet Filipina Roger Casugay

Kemanusiaan

Rasa terharu menyelinap ke lubuk sanubari saya tergetar oleh kisah kemanusiaan adiluhur sesama manusia menyelamatkan nyawa sesama manusia. Kisah Roger Casugay menyelamatkan Arip Nurhidayat meski mereka berdua sedang berseteru memperebutkan medali emas SEA Games pada hakikatnya total bertolak-belakang 180 derajat dari kisah para pelaku bom bunuh diri yang menewaskan ratusan manusia di klab malam Kuta, Bali, hotel Marriot Jakarta, Taj Mahal Palace, Mumbai, Shangrila, Kingsbury dan Cinnamon, Kolombo, Sri Lanka. 

Para pelaku bom bunuh diri tersebut tidak bermusuhan dengan para korban angkara murka mereka. Bahkan yang pembunuh dengan yang dibunuh sama sekali tidak saling membenci sebab sama sekali tidak saling mengenal.

Pahlawan

Sebagai pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan, saya menyampaikan penghormatan dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Roger Casugay yang telah menyelamatkan nyawa Arip Nurhidayat. 

Memang Roger Casugay gagal menjadi juara selancar pada suatu perhelatan olahraga antar bangsa namun berjaya sebagai pahlawan kemanusiaan sangat layak diangkat sebagai suri teladan pedoman pengejawantahan sila Kemanusiaan Adil dan Beradab menjadi kenyataan di marcapada yang sedang dirongrong kemelut angkara murka kebencian dan kekerasan. 

Jaya Suprana 
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar