Masih Gratis, Ini Zonasi Tol Japek II

  Selasa, 10 Desember 2019   Editor
Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II di wilayah Bekasi (Antara/Risky Andrianto)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Jalan Tol Trans-Jawa dan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) elevated II siap digunakan dalam musim libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Korps Lalu Lintas Polri memperkirakan puncak arus mudik Natal sekitar 21-22 Desember 2019, dan puncak arus mudik tahun baru sekitar 28-29 Desember 2019.

Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani menjamin pihaknya terus berupaya menyelesaikan pembangunan Tol Japek II agar bisa digunakan tepat waktu.

''Tol layang secara fisik dan kekuatan sudah diuji akan tetapi kenyamanannya masih belum sesuai harapan,'' katanya, Selasa (10/12/2019).

Maksud ketidaknyamanan adalah adanya sambungan untuk setiap 180 meter di ruas Tol Japek II sejauh 38 kilometer.

Sementara dalam pengoperasiannya, tol layang dibuka tanpa tarif alias gratis selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2020. Dengan kendaraan yang dibolehkan lewat adalah golongan satu non bus dan non truk.

AYO BACA : Tol Layang Jakarta-Cikampek Beroperasi 11 Hari Lagi

''Akan dilakukan pemasangan portal, penempatan petugas pada on ramp, penempatan posko pantau dan toilet pada akses masuk dan keluar,'' jelas Desi.

Gerbang untuk Tol Japek II akan dioperasikan GT Cikunir 6 (arah Jatiasih) dan GT Cikunir 8 (arah Rorotan). Sementara tarif yang dibayarkan hanya untuk ruas Jakarta-Cikampek saat ini dan ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR).

''Tinggal pilihan pengemudi. Kalau perjalanan jarak jauh langsung naik ke atas tol layang,'' ujar Desi.

Untuk mengantisipasi hambatan lalu lintas, diberlakukan tiga zona yang dilengkapi delapan emergency opening dan dua emergency access yaitu Cikunir-Bekasi Barat, Bekasi Barat-Cikarang Timur, dan Cikarang Timur-Karawang Barat.

Kemudian untuk mengatasi gangguan di sepanjang ruas jalan tol disiapkan empat unit mobile customer service, empat unit derek, dua unit ambulans, tiga unit PJR dan satu unit rescue. Para petugas bersiap di lokasi SS Cikunir, Cikarang Timur dan on ramp Karawang Barat.

''Percepatan distribusi informasi dilengkapi sentral komunikasi berupa 113 unit CCTV dan dua VMS mobile,'' tutup Desi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar