Yamaha

Pemprov Yakin Jakarta Bebas Banjir, Ini Alasannya

  Selasa, 10 Desember 2019   Aprilia Rahapit
Diskusi bertajuk "Drainase Vertikal, Kolaborasi Atasi Banjir" di Balai Kota DKI (Ayojakarta.com/Aprilia Rahapit)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Untuk mengurangi genangan atau banjir yang kerap melanda ibu kota, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan pembangunan sebanyak 1,8 juta sumur resapan.

"Jika target jumlah sumur resapan itu terbangun, kajian kami Jakarta bakal bebas banjir," kata Plt Dinas Perindustrian dan Energi, Ricki Marajohan Mulia dalam diskusi bertema Drainase Vertikal, Kolaborasi Atasi Banjir di Balai Kota DKI, Selasa (10/12/2019).

Sejumlah dinas telah berkolaborasi mendukung pembuatan sumur resapan seperti halnya Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sumber Daya Air dan lainnya.

Lebih rinci, Dinas Perindustrian dan Energi telah membangun 804 sumur resapan dari target 1.300 titik, salah satunya di TK Pertiwi Kompleks DDN, Pondok Labuh, Jakarta Pusat.

Ricki menuturkan, sumur resapan di lokasi itu terbukti mempercepat genangan air surut hanya dalam waktu 15 menit, yang biasanya diperlukan waktu 10 jam untuk menurunkan genangan air atau banjir di TK tersebut.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemeliharaan Dinas SDA DKI Jakarta, Juniarto Ardiansyah mengatakan pihaknya telah terbangun 990 dari target 1.000 sumur resapan.

"Dulu genangan bisa bertahan enam jam, sekarang tidak sampai sejam surut di lokasi yang dibangun sumur resapan," ujarnya.

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar