Jangan Lupa, Sabtu Ini Ada Penampilan Orkestra Asal Jerman di Balai Kota

  Selasa, 10 Desember 2019   Aprilia Rahapit
Konferensi pers penutupan 25 tahun Sister City Jakarta-Berlin di Balai Kota (Ayojakarta.com/Aprilia Rahapit)

BALAI KOTA, AYOJAKARTA.COM -- Mini Concert Orchestra Maximilian & Philip bersama Canisius Wind Ensemble akan digelar di Balai Agung, Gedung Balai Kota pada Sabtu (14/12/2019).

Orkestra yang digelar pukul 19.30 WIB hingga 22.00 WIB itu merupakan pertunjukan penutup rangkaian Peringatan 25 Tahun Kerja Sama Sister City Jakarta-Berlin.

Kepala Subbag Kerja Sama Sister City Pemprov DKI Jakarta Yudi Hermawan mengatakan, untuk tahun ini akan menghadirkan dua musisi muda dari Jerman yaitu Maximillian Schauer yang juga direktur Zukemftsklang dan Philip Jonas peraih juara pertama Kompetisi Liga Pemusik Muda Jerman (Kings of Classic). Ditambah penampilan Canisius Wind Ensemble Jakarta. 

Uniknya, pertunjukan juga akan menampilkan ballerina muda Angelina Natalie Halim yang baru saja memenangkan Kompetisi Ballerina Muda di Korea Selatan. 

Yudi menjelaskan, melalui penyelenggaran konser mini, Jakarta dan Berlin semakin meningkatkan kemitraan kedua kota yang dapat mempresentasikan keanekaragaman, semangat, toleransi, kedamaian, dan modernitas. 

Di mana kerja sama kedua kota masih akan terus berlanjut dan mencakup berbagai bidang, di antaranya rencana kerja sama European Commission, Pemerintah Kota Berlin dan Pemprov DKI dalam Proyek Smart Change, menguatkan tata kelola kota, kesejahteraan, dan inovasi di Jakarta tahun 2019 sampai 2022 yaitu bidang smart city.

''Selanjutnya pada Rabu 11 Desember 2019 di Balai Kota Jakarta akan diselenggarakan lokakarya tentang aplikasi implementasi pengendalian banjir. Lokakarya itu mengundang narasumber dari Technichse Universitat Braunschweigh, Jerman," papar Yudi dalam konferensi pers di Balairung, Balai Kota, Selasa (10/12/2019).

Sebagai promotor, Jongkie Goie mengatakan bahwa dua musisi asal Jerman yang didatangkannya merupakan generasi baru musisi di Jerman yang dinilai paling baik. Termasuk penampilan dari ballerina yang diharapkan akan memantapkan acara penutupan nanti. 

''Kita sudah latihan beberapa jam untuk mempertunjukkan kerja sama antara Jerman dengan Indonesia karena temanya 25 tahun persaudaraan Kota Berlin dengan Jakarta. Kita harap di masa depan akan lebih berkembang dan lebih mempererat hubungan bukan hanya di bidang kebudayaan dan pendidikan melainkan juga bidang ekonomi dan teknologi,'' jelasnya.

Sejak 2018, serangkaian acara perayaan sister City Jakarta-Berlin telah diselenggarakan. Seperti halnya kegiatan coaching clinic for soccer di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Pagelaran Seni Budaya Jakarta di Berlin, penempatan tenaga ahli Berlin di Pemprov DKI selama 24 bulan (2019-2020), Berlin Soccer Tournament, Lokakarya Partisipasi Penyandang Disabilitas Jakarta-Berlin. Kemudian Mural Persahabatan Jakarta-Berlin di Terowongan Kendal oleh seniman dan juga arsitek Jerman Jesko Malkolm Johnsson Zahn dan Darbotz dengan sejumlah seniman ibu kota, Jakarta International Performing Arts 2019 di Monumen Nasional dan Jakarta Berlin Festival 2019 di Terowongan Kendal. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar