Yamaha

Ini Kata Menpora Soal Indonesia Merosot ke Peringkat Empat SEA Games 2019

  Rabu, 11 Desember 2019   Aldi Gultom
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. (Antara/Nova Wahyudi)
JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menjelaskan alasan di balik merosotnya posisi kontingen Indonesia dalam klasemen perolehan medali SEA Games.
 
Ia mengatakan, dalam SEA Games tahun ini di Filipina Indonesia tidak ikut serta dalam beberapa cabang olahraga. Penyebabnya adalah masalah internal. Hal ini menjadikan Indonesia yang awalnya berada di peringkat dua menjadi peringkat empat. 
 
"Patut kita sayangkan, kesalip kita di posisi kedua karena ada tiga cabang olahraga di mana Vietnam dan Thailand ikut tapi kita tidak ikut. Seperti gulat, hoki, tenis meja dan beberapa cabang olahraga yang belum ada federasinya," kata Zainudin di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa malam (10/12/2019).
 
Zainudin mengatakan, Vietnam dan Thailand mampu meraih pundi-pundi emas dari cabang olahraga yang tidak diikuti Indonesia di SEA Games 2019, sehingga mereka berhasil menggeser posisi Indonesia.
 
"Di situlah mereka mendulang emas, dan kita tidak bisa ikut karena ada masalah internal yang tidak bisa dibereskan sebelum SEA Games 2019 berlangsung," tambah politikus Golkar itu.
 
Zainudin menekankan, ada banyak sekali medali yang diperebutkan dalam cabang olahraga yang tidak diikuti Indonesia.
 
"Karena itu, saya akan minta kepada KONI melalui teman-teman yang ada, untuk segera membereskan masalah internal supaya ke depan tidak terjadi lagi," ucapnya.
 
Meski demikian, Zainudin tetap bersyukur Indonesia berada di posisi empat dengan total 72 medali emas. Sebab, Kontingen Indonesia hanya mendapatkan 38 medali emas pada SEA Games sebelumnya.
 
"Kami bersyukur. Trget awal 60 medali, dan akhirnya dapat melebih dengan total 72 medali. Hal ini satu hal yang luar biasa, dan saya kira perlu bersyukur," katanya.
 
Zainudin mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo juga akan memahami prestasi Indonesia tahun ini karena nyatanya mendapatkan posisi jauh lebih baik dibanding SEA Games 2017.
 
"SEA Games kali ini juga bertujuan memberi kesempatan atlet junior sehingga hasilnya tidak apa-apa dan bisa dibuat pengalaman bagi mereka, khususnya yang baru pertama kali," katanya.
 
Kontingen Indonesia dipastikan harus puas berada di peringkat keempat daftar perolehan medali SEA Games 2019 dengan meraih total 260 keping medali yang terdiri dari 72 medali emas, 80 medali perak, dan 108 medali perunggu.
 
Meskipun gagal memenuhi target menjadi runner-up di bawah tuan rumah Filipina, prestasi para atlet Indonesia dalam menggali medali jauh melampaui target yang dicanangkan baik oleh Komandan Kontingen (CdM), Menpora, maupun Presiden Joko Widodo.
 
CdM Kontingen Indonesia sebelumnya hanya menargetkan 45 medali emas dan Menpora menyebut 54 keping medali emas, yang harus dibidik kontingen Indonesia. Adapun Presiden Joko Widodo lebih optimistis dengan menaikkan target menjadi 60 medali emas.
 
Hari terakhir SEA Games 2019 di Filipina tinggal menyisakan dua keping emas yaitu dari cabang bola tangan pantai (Handball Beach) di Subic Tennis Court di Subic.
 
Berikut daftar lima besar perolehan medali SEA Games 2019: 
 
Filipina 145 emas, 115 perak, 116 perunggu 
 
Vietnam 92 emas, 85 perak, 103 perunggung
 
Thailand 91 emas, 97 perak, 122 perunggu
 
Indonesia 72 emas, 80 perak, 108 perunggu
 
Malaysia 53 emas, 57 perak, 71 perunggu
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar