Yamaha

RPTRA Kalijodo Raih Peringkat Pertama Sertifikasi RBRA

  Rabu, 11 Desember 2019   Editor
RPTRA Kalijodo meraih sertifikasi RBRA tingkat nasional tahun 2019 (Tribunnews/Nicolas Manafe)

TAMBORA, AYOJAKARTA.COM -- Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo meraih sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) tingkat nasional tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

RPTRA Kalijodo, Tambora menduduki peringkat pertama dengan nilai 451 dari 30 kabupaten/kota di Indonesia.  

Kepala Suku Dinas PPAPP Jakarta Barat Unas Affandi mengatakan, keberhasilan meraih peringkat pertama dengan poin tertinggi tersebut tak lepas dari dukungan semua pihak. 

''Semua ini karena kepemimpinan Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi. Bagaimana pak wali kota menggerakkan para UKPD dalam berkolaborasi untuk mencapai satu tujuan,'' ujar Unas, Rabu (11/12/2019).

Menurutnya, melalui sinergi dengan para UKPD sesuai tugas dan pokok masing-masing, termasuk jajaran camat dan lurah di wilayah Tambora, RPTRA Kalijodo diganjar hasil yang memuaskan yakni sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) tingkat nasional tahun 2019 dengan nilai tertinggi yakni 451 poin.

Nilai yang dihasilkan tersebut tak terlepas dari verifikasi lapangan yang dilakukan tim audit Kementerian PPPA saat menyambangi RPTRA Kalijodo.  

''Apa yang ada di RPTRA Kalijodo semua dihitung melalui borang input mandiri. Setelah itu maka dilakukan verifikasi lapangan tim independent Kementerian PPPA untuk sertifikasi RBRA,'' jelas Unas.

Sementara, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakbar H. Amin Haji menjelaskan bahwa poin maksimal tersebut diperoleh setelah menindaklanjuti hasil verifikasi lapangan tim auditor Kementerian PPPA.

Setelah mendapatkan poin tertinggi dalam sertifikasi RBRA, Asisten Adkesra mengajak semua UKPD termasuk camat dan lurah, untuk memonitor dan mengawasi perkembangannya.

Langkah itu dilakukan mengingat RPTRA Kalijodo akan menjadi pilot project RBRA tingkat nasional.

''Dalam tiga tahun RPTRA Kalijodo dalam pengawasan Kementerian PPPA. untuk itu semua yang terlibat patut menjaganya sehingga apa yang ada di RPTRA itu tetap ada hingga selamanya. Jadi bukan sampai tiga tahun,'' paparnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar