Yamaha

SDN Sukabumi Selatan 07 Fokus Bina Sekolah untuk Raih Adiwiyata Mandiri

  Kamis, 12 Desember 2019   Dhika Alam Noor
Kepala SDN Sukabumi Selatan 07, Holil. (Ayojakarta.com/Dhika Alam Noor)

JAKARTA BARAT, AYOJAKARTA.COM -- Setelah kerja kerasnya membuahkan hasil penghargaan Adiwiyata Nasional, kini Sekolah Dasar Negeri Sukabumi Selatan 07 Jakarta Barat menargetkan Adiwiyata Mandiri. 

Kepala SDN Sukabumi Selatan 07, Holil, mengatakan, tidak mau terburu-buru untuk memperoleh penghargaan itu. Pihaknya masih mencari sekolah binaan yang telah mendapat penghargaan Adiwiyata Tingkat Kota. 

"Untuk target Adiwiyata Mandiri, berkas sudah maksimal. Tinggal pembinaan kepada sekolah yang menjadi fokus ke depan," ujar Holil saat berbincang dengan Ayojakarta di SDN Sukabumi Selatan 07 Jakarta Barat, Rabu (11/12/2019).

Untuk binaan sekolah sendiri, bisa setingkat maupun tidak. Artinya bisa tingkat dasar hingga menengah. 

"Binaan sekolah boleh tingkat SD, SMP hingga SMA. Pokoknya membina SMA juga boleh. Saya dulu lakukan membina sekolah Madrasah Aliyah Negeri Cengkareng, itu binaan kami. Padahal kami SD," tutur Holil. 

Syarat utama untuk bisa meraih predikat Adiwiyata Mandiri yaitu memperoleh Adiwiyata Nasional. Serta mewujudkan masyarakat sekolah yang peduli serta berbudaya lingkungan. 

"Syarat utamanya itu. Lainnya, sekolah itu sudah berbudaya lingkungan. Kalau belum, kita tidak bisa masuk Adiwiyata Mandiri," bebernya. 

Kriteria penilaian penghargaan meliputi 4 aspek, yakni aspek kebijakan sekolah berbasis lingkungan hidup dan aspek kegiatan lingkungan di sekolah berbasis partisipatif, aspek pengelolaan sarana, dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar