Yamaha

Diizinkan Pemprov, Penyerapan Pajak dari DWP 2017 Rp 10 Miliar

  Jumat, 13 Desember 2019   Aprilia Rahapit
Sekda DKI Jakarta Saefulloh di Balaik Kota (Ayojakarta.com/Aprilia Rahapit)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefulloh menyebut, pemberian izin untuk ajang musik Djakarta Warehouse Project (DWP) juga melalui pertimbangan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). 

Hal tersebut menanggapi desakan Gerakan Pribumi Indonesia (Geprindo) dan Gerakan Pemuda Islam (GPI) yang menolak ajang musik Electric Dance Music (EDM) lantaran melihat DWP sebagai acara mengandung unsur maksiat. 

Saefulloh mengatakan, Dinas Penanaman Modal dan PTSP DKI mendapat permohonan dari warga negara yang ingin melaksanakan kegiatan musik.

''Permohonan tersebut sudah ditindaklanjuti melalui melalui rekomendasi teknis dan kesenian untuk kegiatan yang ada sudah tahu sudah diberikan oleh dinas penanaman modal dan PTSP," ungkap Saefulloh di Balai Kota, Jumat (13/12/2019).

Sementara itu, Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Alberto Ali mengatakan, keberadaan DWP di Jakarta akan meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara maupun juga wisatawan nusantara. 

''DWP adalah salah satu dari sekian banyak event yang ada di Jakarta tujuannya adalah mendatangkan wisatawan mancanegara maupun juga wisatawan Nusantara,'' paparnya. 

Lanjut Alberto, data perekonomian dari pajak tahun 2017 ada dua objek pajak yang dikenakan kepada DWP yakni pajak konsumsi makanan dan minuman sebesar 10 persen, dan yang kedua pajak hiburan sebesar 20 persen.

''Pada tahun 2017 untuk makanan minum tadi sebesar Rp2,5 miliar dengan penyelenggaraan dua hari, dan pajak untuk hiburan yang kurang lebih Rp7,5miliar dari tahun lalu dengan penyelenggaraan dua hari sebesar total 10 miliar,'' sambungnya.

Dengan ini Alberto berharap penyelenggaraan DWP 2019 di Jakarta menyerap banyak wisatawan.

''Sehingga Jakarta bisa menjadi satu destinasi unggulan dunia yang akhirnya dalam kegiatan ini berdampak memberikan manfaat pada perekonomian Jakarta, apakah itu dalam bentuk serapan tenaga kerja pendapatan asli daerah kita juga meningkat dan juga berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi,'' tandasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar