Yamaha

Walkot Farm Bisa Jadi Sarana Edukasi Warga

  Jumat, 13 Desember 2019   Editor
Wali Kota Jakbar H. Rustam Effendi dalam pencanangan Walkot Farm 4.0. (barat.jakarta.go.id)

KEMBANGAN, AYOJAKARTA.COM -- Wali Kota Jakarta Barat H. Rustam Effendi mencanangkan program Walkot Farm 4.0.

Walkot Farm 4.0 merupakan metode pertanian berbasis teknologi dengan area tanam memanfaatkan lahan di halaman Kantor Wali Kota Jakbar.  

Tanaman ditanam dengan metode hidroponik dan konvensional. Berbagai jenis tanaman termasuk sayuran ada di Walkot Farm 4.0 seperti tomat, cabai, dan terong. Setiap tanaman dilengkapi kertas barcode yang bisa dipindai untuk mengetahui jenisnya.

''Alhamdulillah Kantor Wali Kota Jakarta Barat mempunyai space yang cukup. Selama ini telah dimanfaatkan untuk taman dan juga semacam hutan pohon-pohon langka. Sekarang ini kita gabungkan dengan pertanian. Unsur-unsur pertanian masuk supaya ada manfaat ekonominya, namanya Walkot Farm 4.0,'' jelas Wali Kota Rustam di Kantor Wali Kota Jakbar, Jalan Raya Kembangan, Jumat (13/12/2019).
 
Walkot Farm 4.0 merupakan gabungan kerja antara SKPD/UKPD terkait dengan wali kota seperti Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian, Sudin Kehutanan, Sudin Bina Marga hingga PKK. 

Wali Kota Rustam meminta SKPD/UKPD terkait serius terhadap Walkot Farm 4.0 agar berfungsi maksimal dan memiliki manfaat ekonomi. 

''Kita berharap kebun ini bisa dimanfaatkan untuk bertani. Insya Allah hasilnya untuk karyawan di lingkungan Kantor Wali Kota Jakbar. Misalnya nanti ada sawi, cabai dan lainnya kita petik untuk kawan-kawan karyawan,'' ujarnya.

''Hari ini kita canangkan. Rencananya Februari sudah benar-benar jadi semua dan berfungsi serta sudah ada hasilnya. Ini juga sebagai tempat berkunjung sekaligus edukasi untuk masyarakat. Mayarakat boleh berkunjung ke sini melihat apa yang kita lakukan dari pertanian sekaligus perkebunan serta taman yang ada di sini. Seperti itu konsepnya,'' papar Wali Kota Rustam.  

Turut hadir mendampingi Wali Kota Rustam antara lain Sekko Jakbar H. Eldi Andi, Asisten Ekbang Fredy Setiawan, Ketua TP PKK Jakbar Hj. Inad Luciawaty Rustam, para SKPD/UKPD dan para camat.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar