Yamaha

Komunitas Kopi Juga Harus Mendukung Kelestarian Lingkungan

  Jumat, 13 Desember 2019   Editor
Fest Cojakbar 2019 (barat.jakarta.go.id)

KEMBANGAN, AYOJAKARTA.COM -- Minum kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan.

Dibuktikan dengan merebaknya bisnis kopi di Jakarta seperti kafe, kedai kopi, warung kopi, dan lainnya.  

''Bicara kopi tentunya bukan lagi menjadi tren tapi menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan,'' ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Jakarta Barat Fredy Setiawan saat membuka Festival Coffee Jakarta Barat (Fest Cojakbar) di Kantor Wali Kota Jakbar, Jumat (13/12/2019).

Fredy menjelaskan, maraknya pelaku usaha kopi menandakan adanya peluang bisnis yang menjanjikan. Sehingga diharapkan akan menggerakkan roda perekonomian, banyak menyerap tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pemkot Jakbar juga memberikan apresiasi sekaligus mendukung kegiatan yang baru digelar kali pertama tersebut.

''Saya memberikan apresiasi kepada teman-teman di sini yang berkolaborasi dan koordinasi untuk menciptakan brand kopi di Jakarta Barat. Memang banyak brand kopi tapi saya ingin ide-ide yang kreatif sehingga bisa menciptakan brand kopi dari Jakarta Barat,'' paparnya.

Fredy pun menginginkan agar bisnis kopi masuk ranah pelaku usaha kecil menengah melalui program pengembangan kewirausahaan terpadu yang menjadi salah satu program pembangunan gubernur DKI Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Fredy meminta event ini tidak hanya mempertemukan para pencinta kopi untuk tukar wawasan dan pengetahuan serta keahlian meracik kopi tapi juga diharapkan ikut andil dalam menanggulangi permasalahan sampah di Jakarta.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu pemerintah daerah menanggulangi permasalahan sampah. Di antaranya menggunakan bahan atau kemasan kopi yang bisa didaur ulang. 

''Ke depan bila komunikasi komunitas kopi Jakbar diharapkan bisa menjaga mendukung kelestarian lingkungan. Kalau ini dilaksanakan tentu menjadi program yang baik,'' kata Fredy.

Fest Cojakbar 2019 sendiri diisi dengan berbagai acara seperti panggung musik, bertukar pengalaman dan pengetahuan tentang kopi, kompetisi kopi, dan lainnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar