Yamaha

LKB: Pencak Silat Kuatkan Identitas Indonesia di Dunia

  Sabtu, 14 Desember 2019   Dhika Alam Noor
Ilustrasi pencak silat (kusniyati09.blogspot.com)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Penetepan pencak silat menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO, mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak. Termasuk Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB).

Wakil Ketua Bidang Pelestarian dan Pengembangan LKB, Yahya Andi Saputra bersyukur atas penetapan tersebut. Hal itu menurutnya berkat perjuangan praktisi pesilat, jawara, guru besar, pemerhati, dan pemangku kepentingan yang disokong penuh pemerintah membuahkan hasil manis.

"Syukur Alhamdulillah. Kami ucapkan selamat atas ditetapkannya silat sebagai warisan budaya tak benda dunia oleh UNESCO," ujar Yahya Andi kepada Ayojakarta saat dihubungi, Sabtu (14/12/2019).

Dari pencak silat, kata yahya, banyak manfaat yang dirasakan, baik dalam bela diri maupun nilai-nilai kehidupan masyarakat. Mengingat pencak silat merupakan warisan leluruh bangsa yang telah ada sejak lama di Tanah Air.  

Menurut Yahya, penetapan silat sebagai warisan budaya mempunyai posisi strategis, setidaknya dalam dua hal. Pertama, menguatkan identitas Indonesia di tengah percaturan berbagai jenis olahraga beladiri di dunia.

"Kedua, kian yakin bahwa nilai-nilai silat dapat dijadikan penunjang utama manusia Indonesia yang berkarakter disiplin, sportif, ukhuwah, nasionalisme, dan ujung tombak bela NKRI," kata Yahya.

Generasi bangsa, tambah Yahya, juga harus memahami nilai-nilai yang terkandung dari pencak silat. Sebab dari situ mampu menguatkan karakter anak bangsa menjadi lebih baik.

"Anak milenial kudu diajari silat, paling tidak karakter mereka kuat dan kokoh. Sehingga mampu menolak atau melawan kebobrokan yang tengah melanda. Terutama kebobrokan karena korupsi," tandasnya.

Pencak silat ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan UNESCO pada, Kamis (12/12$2019) pukul 09:59 waktu Bogota Kolombia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar