Yamaha

3500 Sertipikat Tanah di Jakarta Utara Diserahkan ke Pemilik

  Sabtu, 14 Desember 2019   Editor
Penyerahkan 3500 sertipikat tanah kepada pemilik di Jakarta Utara (utara.jakarta.go.id)

KELAPA GADING, AYOJAKARTA.COM -- Badan Pertanahan Negara (BPN) Jakarta Utara menyerahkan 3500 sertipikat tanah kepada pemilik. 

Sertipikat diserahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia Sofyan Djalil atas terselenggaranya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSP) 2019

''Target kami tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia bersertipikat,'' kata Sofyan di Sport Mall, Kelapa Gading, Sabtu (14/12/2019).

Dipastikannya, pembuatan sertipikat tidak dipungut biaya alias gratis. Bahkan, pihaknya telah menerapkan uji coba program layanan elektronik Dilan (Digital Melayani) di 42 kantor BPN se-Indonesia. 

Terdapat empat layanan dalam program tersebut antara lain pengecekan tanah, tanggungan, roya, dan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT).

''Dengan adanya program Dilan, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor BPN. Sehingga 2024 nanti antrean di BPN hilang,'' jelas Sofyan.

Kepala Kantor BPN DKI Jaya menjelaskan, sebanyak 1,6 juta bidang tanah di DKI sudah bersertipikat. Hanya tersisa sekitar 243 ribu bidang tanah yang belum bersertipikat hingga saat ini atau satu persen dari keseluruhan bidang tanah di ibu kota.

''Insya Allah DKI menjadi provinsi yang pertama seluruh bidang tanah bersertipikat. Ini terus kita kejar. Penyerahan sertipikat akan berlanjut besok di lima wilayah DKI,'' jelasnya.

Wali Kota Jakut Sigit Wijatmoko menambahkan, 3500 sertipikat tanah yang dibagikan merupakan hasil kolaborasi bersama Kantor BPN Jakut. Kolaborasi tentunya melahirkan pelayanan sesuai yang diinginkan masyarakat.

''Kehadiran Kepala Kantor BPN Jakarta Utara Hiskia Simarmata menjadi keyakinan bagi seluruh masyarakat Jakarta Utara bahwa proses sertipikat tanah kami selesaikan,'' katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar