Yamaha

270 Pasangan di Jaktim Akan Jalani Sidang Isbat Nikah

  Sabtu, 14 Desember 2019   Editor
Rapat Pelaksanaan Isbat Nikah Terpadu di Kantor Wali Kota Jaktim (timur.jakarta.go.id)

CAKUNG, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah Kota Jakarta Timur bersama Pengadilan Agama Jakarta Timur akan kembali menggelar program Isbat Nikah Terpadu. 

Pada tahun ini Isbat Nikah Terpadu dilaksanakan 20 Desember 2019 di Kantor Wali Kota Jaktim.

Sekretaris Kota Jaktim Usmayadi mengatakan, terdapat 270 pasangan yang akan menjalani sidang isbat atau pengesahan nikah.

''Koordinasi kami sudah mantap dengan Pengadilan Agama Jakarta Timur karena isbat nikah itu harus ada pengesahan suami istri dari pengadilan. Ini yang paling penting,'' ujarnya, Sabtu (14/12/2019).

Sebelum pelaksanaan isbat nikah, pihak kelurahan telah melakukan pendataan secara bertahap. Pendataan dilakukan dengan pencatatan pasangan yang sudah menikah tetapi belum memiliki buku nikah.  

''Ini gratis untuk masarakat yang akan dinikahkan. Mereka juga akan mendapatkan transport lebih dari tahun lalu. Yang paling utama bagaimana hakim dan panitera melakukan pendataan untuk mendapatkan isbat nikah,'' jelas Usmayadi.

Panitera Pengadilan Agama Jaktim Imanudin Kiflen menyebutkan, persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pasangan menikah yang ingin menjalani sidang isbat.

''Syaratnya, insya Allah sudah terverifikasi semua sesuai yang disampaikan pengadilan agama. Khusus yang berdomisili di Jakarta Timur adalah KTP karena selama ini belum memiliki buku nikah yang sah,'' ujarnya.

Hakim Pengadilan Agama Jaktim M Faizin menambahkan, dalam sidang isbat nanti akan diberikan sejumlah pertanyaan terkait saksi nikah, emas kawin, waktu nikah, dan wali nikah. Serta surat permohonan isbat nikah sebagai penguatan informasi sebelum terbit buku nikah.

''Dalam sidang kami tinggal mengonfirmsai saja. Mudah-mudahan yang sudah mendaftar pernikahannya sesuai syarat hukum. Kalau semuanya sudah memenuhi persyaratan yang kami harapkan 5-10 menit selesai tapi kalau di luar non teknis bisa lebih dari itu,'' terangnya.

Program Isbat Nikah Terpadu kali ini merupakan yang ketiga dilakukan serentak di seluruh wilayah oleh Pemprov DKI Jakarta. Setelah menjalani sidang isbat di masing-masing wilayah, para pasangan akan dibawa ke Balai Kota untuk dilakukan seremoni dan ucapan selamat dari gubernur. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar