Yamaha

Generasi Muslimah Harus Bijak Manfatkan Kemajuan Teknologi

  Sabtu, 14 Desember 2019   Editor
Sekko Jaktim Usmayadi dalam Seminar Muslimah of Twelve di Kantor Wali Kota Jaktim (timur.jakarta.go.id)

CAKUNG, AYOJAKARTA.COM -- Era modernisasi atau milenial melahirkan banyak perubahan, baik dari segi teknologi maupun pemikiran. 

Dengan hadirnya fasilitas internet merupakan yang terlengkap dan terefisien, di mana segala bentuk informasi dapat diakses dengan mudah dan murah.

Di era kecanggihan teknologi, seorang muslimah dituntut untuk tegas terhadap diri sendiri dan lingkungannya. Begitu banyak tantangan yang dihadapi muslimah seiring perkembangan zaman.

Hal itu disampaikan Sekretaris Kota Jakarta Timur Usmayadi dalam Seminar Muslimah of Twelve (Smoove) di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Jaktim, Sabtu (14/12/2019).

Dengan mengusung tema Jadikan Teknologi Sarana Dakwah Muslimah Masa Kini, Smoove diinisiasi oleh SMA Negeri 12 Jakarta.

Kegiatan tersebut diiikut ratusan pelajar tingkat menengah atas di wilayah Jaktim. Selain itu, seminar juga dimeriahkan dengan menghadirkan Wafiq Malik - Author of Kisahku - Owner of Wambeautys.co dan Chairatunnisa selaku founder Kajian Akhwat Produktif Tahun 2019 Owner Rajanya Lampung.

''Muslimah masa kini harus mempunyai komitmen yang kuat terhadap syariat Islam. Sehingga apapun yang dilakukan para muslimah tidak menyimpang dari aturan Allah SWT,'' kata Usmayadi.

Muslimah adalah pondasi kejayaan umat yang melahirkan generasi bangsa bermartabat dan berkarakter. Muslimah adalah ibu dan madrasah pertama bagi anak-anaknya karena anak yang berkarakter terlahir dari bimbingin ibu yang berkarakter pula.

''Melihat perkembangan zaman saat ini, kita harus dapat dengan bijak memanfaatkan dan menggunakan kemajuan teknologi yang ada. Berguna atau tidaknya kemajuan teknologi memang tergantung dari sikap dan cara seseorang dalam memanfaatkannya,'' papar Usmayadi.

Ibarat pisau bermata dua, dia pun berpesan agar muslimah masa kini dapat bijak dalam menggunakan teknologi. Sebab penggunaan nantinya dapat membawa kemaslahatan ataupun kemudharatan.

''Saya tekankan agar teknologi yang sudah dapat dijadikan suatu sarana dakwah yang berkreatif dan inovatif sehingga dapat bermanfaat bagi seksama juga memiliki nilai ekonomis, seperti saat ini kita lihat adanya bazar. Jika kita bijak dapat menghasilkan nilai jual yang dapat bermanfaat bagi kita semua,'' jelas Usmayadi.

Kepala SMAN 12 Jakarta Sigit Indrianto menjelaskan, pihaknya terus mendukung dan membina peserta didik agar terus dapat berinovasi dengan mengedepankan potensi keterampilan yang berdaya saing.

''Melalui seminar muslimah ini diharapkan dapat menggugah karakter generasi muslim yang terampil dalam menghadapi kemajuan teknologi yang cukup pesat. Tentunya kita disekolah dari kegiatan kewirausahaan dan keterampilan terus difasilitasi,'' ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar