Yamaha

Pemprov Kembangkan Toko Tani Indonesia untuk Jamin Ketersediaan Pangan

  Selasa, 17 Desember 2019   Editor
Ilustrasi pangan (genesis,magz.com).jpg

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta mengembangkan Toko Tani Indonesia (TTI) dan Toko Tani Indonesia Center (TTIC). TTI dan TTIC menjual berbagai komoditas pangan yang bersaing dan terjangkau dibanding harga pasar karena langsung disuplai dari petani produsen.

Berbagai komoditas yang saat ini dijual di TTI dan TTIC seperti, beras, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, daging sapi, daging ayam, bawang putih, bawang merah, cabai, kentang, daging kerbau, dan lain-lain.

Kepala Dinas Ketahanan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni menjelaskan, upaya penyediaan pangan bagi masyarakat Jakarta merupakan hal penting dan menjadi prioritas, serta perlu dibarengi dengan kemudahan akses sehingga masyarakat luas dapat memperoleh komoditas pangan dengan mutu yang baik, harga terjangkau, serta ketersediaan yang berkelanjutan.

"Maka itu, keberadaan TTI/TTIC ke depan menjadi sangat penting sebagai salah satu penyedia pangan masyarakat Jakarta," kata Darjamuni, Selasa (17/12/2019).

Dikatakan Darjamuni, keberadaan TTI/ TTIC ini akan menjadi pelengkap bagi pasar, supermarket, pedagang, bahkan bagi warung-warung dan pedagang dapat menggunakan TTI ini sebagai mitra tempat menjual komoditas pangan.

Dia merinci, Toko Tani Indonesia mendapat suplai komoditas pangan dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) berbagai daerah penghasil pangan di antaranya, Karawang, Subang, Majalengka, Pandeglang, Indramayu, Lebak, dan lain-lain.

Darjamuni menambahkan, komoditas yang dijual di TTI/TTIC secara rutin diuji di laboratorium milik Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta dan hasilnya aman untuk dikonsumsi bebas dari residu pestisida, dan bebas pemutih untuk beras.

"Dengan adanya TTI/TTIC ini diharapkan akses dan keterjangkauan pangan bagi masyarakat dapat diwujudkan dan masyarakat bisa membeli pangan dengan harga murah dan terjangkau dengan mutu yang terjamin dan bebas dari bahan berbahaya," tandas Darjamuni.

Sekadar diketahui, TTIC Provinsi DKI Jakarta beralamat di Jalan I Gusti Ngurah Rai Nomor 8-10 Klender, Jakarta Timur.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar