Yamaha

Narkoba untuk Pesta Malam Tahun Baru Dimusnahkan

  Rabu, 18 Desember 2019   Editor
Direktorat Narkoba Bareskrim Polri memperlihatkan berbagai jenis narkoba sitaan yang dimusnahkan (JPNN/Elfany Kurniawan)

SENEN, AYOJAKARTA.COM -- Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri memusnahkan beragam jenis narkoba hasil sitaan, Rabu (18/12/2019). 

Narkoba yang dimusnahkan terdiri dari sabu seberat 82,22 kilogram, ekstasi 3,25 kilogram, happy five 117 gram, ketamin 1 kilogram, dan codein 191 gram.

Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Kombes Krisno Siregar mengatakan, narkoba yang dimusnahkan merupakan hasil penyitaan selama September 2019. 

Barang haram itu dimusnahkan dengan dibakar menggunakan insinerator di RSPAD Gatot Subroto, Jalan Abdul Rahman Saleh Raya, Senen.

''Pemusnahan ini sesuai Pasal 91 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Kami juga sudah menyisihkan sebagian sebagai barang bukti (untuk) persidangan,'' ujar Krisno.

Lebih lanjut Krisno mengatakan, sebagian besar barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan kasus narkoba di Sumatera dan wilayah pesisir lainnya. Narkoba itu diduga akan dibawa ke Jakarta untuk pesta perayaan malam tahun baru.

''Ini jaringan internasional karena pesisir timur Sumatera biasanya digunakan untuk pelaku menyelundupkan,'' bebernya.

Kepala Satgas II Direktorat Tipid Narkoba Bareskrim AKBP Alamsyah Peluppesy menambahkan, mayoritas narkoba itu dikirim dari Malaysia. 

''Jadi mereka lewat Pekanbaru kemudian kami kembangkan tangkap lagi di pulau-pulau perbatasan Malaysia lewat pelabuhan tikus,'' ungkapnya.

Alamsyah menduga narkoba jenis ekstasi bakal dipasok ke tempat-tempat huburan malam di Jakarta.

''Kalau ekstasi memang tempat hiburan. Kalau sabu-sabu untuk kalangan sendiri yang memang ada konsumen sendiri,'' katanya.

Menurut Alamsyah, penyelundupan narkoba dikendalikan oleh bandar yang sudah menjadi narapidana.

''Mereka sudah paham jalurnya terutama dari luar negeri. Mereka bisa rekrut yang pemakai yang bisa saja dipenjara hanya tiga empat tahun,'' tuturnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar