Yamaha

53 Peserta Ikut Tes Tulis Calon FKDM Jakbar

  Rabu, 18 Desember 2019   Editor
Puluhan peserta mengikuti tes tulis calon anggota FKDM Jakbar masa bakti 2020-2022 (barat.jakarta.go.id)

KEMBANGAN, AYOJAKARTA.COM -- Sebanyak 53 peserta mengikuti tes tertulis calon anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat Kota Jakarta Barat masa bakti 2020-2022.

Kegiatan dibuka Wakil Wali Kota Jakbar HM Zen di Ruang Soewiryo, Lantai 16 Gedung B Kantor Wali Kota Jakbar, Rabu (18/12/2019). 

Pada kesempatan itu, M Zen mengapresiasi antusias peserta mengikuti seleksi calon FKDM Jakbar. 

''Ini membuktikan rasa beban moril dan kepedulian yang tinggi dalam rangka bisa berperan aktif dengan Pemkot Jakarta Barat dalam upaya mengendalikan wilayah Jakarta Barat menjadi kota yang aman, nyaman, tertib dan sejahtera warganya,'' jelasnya.

M Zen berharap, nantinya calon anggota FKDM Jakbar yang terpilih bisa melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. 

''Karena tugas pokok FKDM sebagai deteksi dini. Mudah-mudahan dengan anggota FKDM yang baru Jakarta Barat semakin kondusif dan lebih baik,'' ujarnya. 

Mereka juga diminta aktif dan rutin membuat buat laporan. 

''Laporan jangan tidak dibuat, dituntut tanggung jawabnya,'' kata M Zen. 

Selain itu, tim seleksi juga diimbau melaksanakan tugas dengan obyektif. 

''Tolong benar-benar bisa melaksanakan seleksi seobyektif mungkin. Tidak berdasarkan kedekatan dan sebagainya tapi melihat berdasarkan kompetensi dan kemampuan peserta calon FKDM. Mudah-mudahan tim seleksi bisa melaksanakna tugas dengan sebaik-baiknya,'' papar M Zen.

Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakbar Mohammad Matsani menjelaskan, kepanitiaan dan regulasi proses seleksi calon anggota FKDM tingkat kota dan Provinsi DKI Jakarta ditentukan oleh tingkat provinsi. 

''Tingkat kota itu tugasnya melakukan seleksi administrasi serta menginformasikan hingga proses seleksi FKDM,'' ujarnya.

Dari sekitar 75 pendaftar calon FKDM Jakbar, yang lolos seleksi administrasi dan bisa mengikuti tes tertulis sebanyak 53 orang. 

''Selanjutnya mereka yang lulus tes tertulis akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya yakni focus group discussion dan wawancara. Besok Kamis (19/12/2019) ada FGD dan wawancara. Hasil tes keseluruhannya itu diserahkan ke tingkat provinsi. Hasil akhir itu diumumkan keseluruhan yang masuk dan memenuhi persyaratan untuk menjadi anggota FKDM tingkat kota maupun provinsi. Di tingkat provinsi nanti diumumkan 11 orang anggota FKDM tingkat kota dan 15 anggota FKDM tingkat provinsi,'' papar Matsani. 

Pihaknya berharap, anggota FKDM Jakbar yang terpilih bisa melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan lebih aktif. 

''Kita berharap orang-orang yang terpilih ini nantinya akan lebih kuat melaksanakan fungsi tugasnya. Kemudian juga bisa membantu pemerintah memberikan kontribusi, masukan, informasi dan lain-lain terhadap potensi-potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan terutama di wilayah Jakarta Barat,'' jelas Matsani. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar