Yamaha

Imej Anies Sebagai Gubernur Pilihan Umat Segera Luntur

  Kamis, 19 Desember 2019   Editor
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Ayojakarta.com/Aprilia Rahapit)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pengamat politik Ujang Komarudin mengingatkan Anies Baswedan perlu berhati-hati dalam bersikap jika merasakan selama ini pada dirinya melekat imej gubernur DKI Jakarta pilihan umat.

Karena ketika bertindak ceroboh, imej itu akan luntur dengan sendirinya.

''Itulah yang harus hati-hati dari Anies. Jika dia merupakan pilihan umat, jangan sekali-kali membuat kebijakan yang merugikan dan menyinggung umat,'' jelasnya, Kamis (19/12/2019).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review itu mencontohkan, terkait kebijakan pemberian penghargaan Adikarya Wisata 2019 untuk diskotek Colosseum Club 1001.

Sebagian masyarakat Jakarta menilainya sebagai sebuah kekeliruan. Tak berapa lama, mantan mendikbud itu juga merasakan hal yang sama sehingga kemudian membatalkan pemberian penghargaan tersebut.

''Untuk sementara imej Anies sebagai pilihan umat mungkin rusak. Tetapi, karena Anies langsung mengambil tindakan membatalkan penghargaan dan memecat kepala dinasnya, maka nama Anies bisa pulih. Jadi, yang penting ke depan jangan membuat kebijakan yang salah lagi,'' jelas Ujang.

Lebih lanjut dosen di Universitas Al Azhar Indonesia menilai, Anies juga terkesan sedang diuji bawahannya belakangan ini. Pasalnya, sebelum kasus Colloseum, kontroversi masuknya usulan pembelian lem aibon senilai Rp 82 Miliar dalam KUA-PPAS DKI 2020 mengemuka. Kemudian kasus sejumlah honorer mengikuti tes masuk got. 

''Jadi, sedang diuji oleh anak buahnya sendiri. Kasus-kasus yang ada menandakan Anies tidak mengawasi anak buahnya dengan ketat. Sehingga mereka membuat anggaran tanpa sepengetahuannya. Pemimpin yang baik adalah seirama dan segaya dengan anak buahnya,'' pungkas Ujang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar