Yamaha

Kembali Hadir, Sapala XL SMAN 40 Gelar Diklatsar

  Senin, 23 Desember 2019   Lopi Kasim
Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) SMAN 40 Jakarta Utara (Istimewa)

BOGOR, AYOJAKARTA.COM -- Keputusan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang mengizinkan kembali ekstra kurikuler pencinta alam tingkat sekolah menengah atas disambut dengan kembali hadirnya Pencinta Alam SMAN 40 Jakarta Utara, Siswa Pencinta Alam (Sapala) XL. 

Sapala XL kembali hadir setelah vakum lantaran larangan ekskul yang identik dengan naik gunung ini.

AYO BACA : Bersih Gunung dan Upacara Bendera di Puncak, Cara Pencinta Alam SMAN 40 Peringati Sumpah Pemuda

Sebagai langkah awal, Sapala XL menggelar Pendidikan Latihan Dasar atau Diklatsar sebagai syarat menjadi anggota Siswa Pencinta Alam SMAN 40 Jakarta Utara, di Pasir Luhur Campsite, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, 19-22 Desember 2019 lalu.

Sebanyak 37 orang siswa-siswi ikut serta dalam Diklatsar dan kelas mentoring yang digelar dengan materi antara lain Orientasi Medan, Navigasi Darat, Survival, Tali Temali dan Mental Building.

AYO BACA : Bagikan Informasi Tentang Perguruan Tinggi, SMAN 40 Kembali Gelar Education Fair

Kegiatan tersebut dipandu para senior Sapala XL yang sudah alumni dan aktif di bidang pencinta alam. 

"Kegiatan ini untuk membangun kembali kegiatan ekstra kurikuler Pencinta Alam XL SMAN 40 dan melatih siswa-siswi menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, percaya diri dan dapat bekerja sama dengan tim," ujar Alvin "Coki" Latupono, salah seorang pemandu Diklatsar, Senin (23/12/2019). 

Selain itu, para peserta juga mendapat latihan dasar survival di alam terbuka dan saling menjaga satu sama lainnya sebagai bentuk kebersamaan dan kekeluargaan.

Kegiatan diakhiri dengan memberikan syal orange sebagai tanda diterima dalam keluarga besar Sapala XL. Hadir dalam kegiatan tersebut para pendiri Sapala XL dan juga alumni lintas angkatan SMAN 40 Jakarta Utara yang mendukung hadirnya kembali Sapala sebagai bagian dari ekskul. 

AYO BACA : Hilman Hariwijaya dan Boim Lebon Berbagi Pengalaman Menulis dengan Pelajar SMA

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar