Yamaha

Jelang Pergantian Tahun, Harga Cabai dan Bawang Merah di Jakbar Naik

  Kamis, 26 Desember 2019   Editor
Petugas Subbag UKM dan KPKP Perekonomian Jakbar mengecek harga pangan di Pasar Tomang Barat (barat.jakarta.go.id)

KEMBANGAN, AYOJAKARTA.COM -- Dua komoditi pangan yakni cabai dan bawang merah mengalami kenaikan harga di musim libur Natal dan Tahun Baru 2020. 

Sementara harga kebutuhan pokok lainnya relatif stabil.

Kepala Sub Bagian UKM dan KPKP Perekonomian Pemkot Jakarta Barat Budi Hartati menjelaskan, pihaknya telah melakukan pengecekan ketersediaan bahan kebutuhan pokok selama libur Natal dan tahun baru di Pasar Tomang Barat.

Sejumlah bahan kebutuhan pokok yang dilakukan pengecekan di antaranya daging, sayur mayur dan telur. 

''Saat kami cek semua bahan kebutuhan pokok tersedia. Artinya, stok barang tidak kekurangan seperti daging sapi, ayam, telur, serta sayuran,'' ujarnya, Kamis (26/12/2019).

Budi menyebutkan bahwa harga kebutuhan pokok di Pasar Tomang Barat masih stabil. Hanya saja ada sejumlah komoditi seperti cabai dan bawang merah yang mengalami kenaikan.

''Kenaikan harga bawang merah dari Rp 43 ribu per kilogram menjadi Rp 45 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih jenis kating Rp 48 ribu per kilogram menjadi Rp 55 ribu per kilogram. Untuk cabai rawit merah dari harga Rp 50 ribu menjadi Rp 55 ribu per kilogram,'' jelasnya.

Kenaikan dipengaruhi faktor musim hujan. Di mana petani mengalami gagal panen sehingga membuat harga kedua komoditi itu meningkat. 

''Kata pedagang, mereka kesulitan stok barang itu karena lagi musim hujan. Kalau musim hujan, mereka (petani) tidak panen,'' imbuh Budi. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar