Yamaha

Tito Instruksikan Dukcapil Permudah Warga Korban Banjir Ngurus Lagi KTP Hingga Buku Nikah

  Jumat, 03 Januari 2020   Editor
Mendagri Tito Karnavian. (Ayojakarta.com)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menginstruksikan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri agar mengeluarkan kembali data kependudukan bagi warga korban banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Ia meminta Dirjen Dukcapil mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan kembali kartu tanda penduduk (KTP), Akta Kelahiran, Buku Nikah dan lainnya yang hilang dan rusak akibat banjir.

"Saya sudah instruksikan kepada Dirjen Dukcapil untuk membantu masyarakat semaksimal mungkin agar masyarakat mudah untuk memperoleh atau mendapatkan kembali, atau dapat dikeluarkan data kependudukan seperti KTP, buku nikah, akta kelahiran, dan lain -lain secepatnya," ujar Tito seusai Rapat Terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Sejumlah pemukiman warga di Jakarta dan kawasan lainnya sempat terendam banjir pasca adanya guyuran hujan lebat sejak malam pergantian tahun atau Selasa (31/12/201) hingga awal tahun 2022 atau Rabu (1/1/2019).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 43 orang tewas pada Jumat (3/1/2020) pukul 09.00 WIB akibat banjir.

Terkait bencana ini, eks Kapolri ini mengaku akan mengecek kesiapan Dukcapil di wilayah-wilayah yang terdampak banjir. Sehingga kata dia masyarakat dimudahkan mendapatkan data kependudukan tersebut.

"Nah ini nanti saya akan cek ke daerah-daerah yang kesiapan Dukcapil ini sehingga masyarakat akan lebih dimudahkan untuk mendapatkan dokumen-dokumen penting tersebut," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar