Susah Payah, Petugas Pulihkan Saluran Air Tertutup Sedimen di Jalan Sudirman

  Kamis, 09 Januari 2020   Aldi Gultom
Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan (Jaksel) susah payah masuk ke saluran air untuk memulihkan fungsi saluran air di Jalan Sudirman, Kecamatan Setiabudi. (selatan.jakarta.go.id)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Petugas Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan (Jaksel) memulihkan fungsi saluran air di Jalan Sudirman, Kecamatan Setiabudi. 

Para petugas merangkak memasuki sempitnya saluran air untuk membersihkan sedimen yang menumpuk. 

Kepala Satuan Pelaksana Tugas (Kasatpel) Sumber Daya Air Kecamatan Setiabudi, Agus Bowo Leksono, menjelaskan, awalnya terdapat dua sistem pengaliran air di bawah jalan protokol, baik di jalur cepat dan jalur lambat.

“Sekarang tumpuan cuma ke jalur lambat yang salurannya sangat kecil untuk tampungan lokasi seluas itu. Kita coba hidupkan kembali saluran yang ke jalur cepat, karena sudah tertimbun taman dan isinya full sedimen,” ujar Bowo, Kamis (9/1/2020). 

Sedimen yang ditemukan antara lain berupa tanah dan puing. Material tersebut sudah menutupi saluran hingga penuh sehingga saluran itu bisa dikatakan sudah mati total. 

"Makanya kami gali agar air bisa lewat,” ungkapnya.

Bowo mengungkapkan, awal mula pembersihan dimulai dengan penggalian saluran. Ini dilakukan agar petugas bisa keluar masuk menjangkau puing dan membersihkan material. 

Pembenahan saluran juga dilakukan di jalur cepat Jalan Sudirman, tepatnya di depan Universitas Atma Jaya. 

“Di sana tidak ada tali air, makanya kami bongkar untuk menyalurkan air dari jalur cepat ke jalur lambat. Saluran di jalur lambat sangat baik. Air tadi langsung menuju rumah pompa Atma Jaya dan Kali Krukut,” terangnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar