Hutan Kota Kemayoran Ditanami 1.000 Pohon

  Jumat, 10 Januari 2020   Aldi Gultom
Ilustrasi penghijauan. (istimewa)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- 1.000 pohon ditanam dalam Gerakan Penanaman Pohon Serentak di Hutan Kota Kemayoran, Pademangan, Jumat (10/1/2020). 

Gerakan ini merupakan bagian dari langkah penghijauan Jakarta yang melibatkan Kepolisian Resort Metro Jakarta Utara dan di bawah komando Polda Metro Jaya. 

Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sujana, mengatakan, musim kemarau panjang di waktu lalu telah mengakibatkan banyak pohon mati.

"Hari ini kami dari Polri, Pemda, dan TNI melakukan Gerakan Penanaman Pohon di Hutan Kota Kemayoran. Ini merupakan perintah Kapolri untuk Polri peduli penghijauan," kata Nana, saat dijumpai di Hutan Kota Kemayoran, Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara.

Diyakininya, penanaman pohon yang diadakan hari ini dapat membesar penyerapan air dan mengurangi dampak polusi udara. 

Ia juga mengimbau agar gerakan penanaman pohon dilakukan hingga ke tingkat masyarakat yang dikoordinir Bhabinkamtibmas, Babinsa, hingga Lurah.

"Saya yakin penanaman pohon ini bisa menyerap air dan mengurangi polusi udara. Kita ketahui ada darurat bencana banjir dan polusi udara tinggi. Dengan penanaman pohon, bisa dapat mengurangi itu. Dengan Polri mempelopori kegiatan ini kami harap masyarakat juga melakukan hal yang sama di setiap halaman rumah," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko, mengatakan, kegiatan itu mengedukasi masyarakat untuk peduli penghijauan dengan menanam pohon di wilayah masing-masing. Jika masyarakat telah sadar, upaya mitigasi polusi udara dan perlindungan air tanah dapat dilakukan simultan di Jakarta Utara.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Apalagi yang ditanam tidak hanya pohon pelindung saja tapi juga ada pohon produktif yang kemudian hari bisa dipanen," tutupnya.

Selain penanaman pohon, dilakukan pula penebaran 5.000 ekor ikan nila dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara di Danau Hutan Kota Kemayoran.

Kegiatan ini juga dicatat oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai gerakan penanaman pohon serentak di satu lokasi. Piagam penghargaan diberikan kepada Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Nana Sujana.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar