Gunung Taal Meletus, 2.000 Orang Dievakuasi

  Senin, 13 Januari 2020   Editor
Letusan gunung Taal Volcano di Filipina (GMA)

FILIPINA, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah Filipina mengevakuasi ribuan warganya sekitar gunung Berapi Taal yang erupsi pada Minggu (12/1/2020). 

Dialihbahasakan dari AFP, Senin (13/1/2020), sedikitnya ada 2.000 warga yang tinggal di sekitar Gunung Berapi Taal telah dievakuasi oleh pemerintah setempat. Beberapa warga masih memilih untuk bertahan di kediaman mereka.

Badan Seismologi dan Vulkanologi Vilipina menyebut bila letusan dari Gunung Berapi Taal sangat berbahaya. Gunung Berapi Taal merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di negara itu.

"Letusan berbahaya bisa terjadi dalam hitungan beberapa jam hingga beberapa hari," katanya.

Gunung api Taal yang berada di tengah danau itu memuntahkan abu setinggi 15 kilometer. Erupsi di gunung yang terkenal dengan keindahannya itu dibarengi dengan gempa bumi dan kilat di atas puncak gunung.

Ahli gempa pemerintah mencatat pergerakan magma telah menuju ke kawah Taal yang terletak 65 kilometer dari selatan Manila. Letusan Gunung Berapi Taal terakhir terjadi pada 1977 silam.

"Abu sudah mencapai Manila. Berbahaya bagi orang-orang jika mereka menghirupnya," ungkap Kepala Phivolcs Renato Solidum.

Selain abu, beberapa partikel berdiameter 6,4 sendimeter atau lebih besar dari bola golf dilaporkan berjatuhan di sekitar danau.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar