Dinsos Perkuat Layanan Psikosial untuk Korban Bencana Jakarta

  Selasa, 14 Januari 2020   Aldi Gultom
Ilustrasi korban banjir. (Merdeka.com/Arie Basuki)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta akan memperkuat Layanan Dukungan Psikososial (LDP) untuk korban bencana, termasuk musibah banjir dan kebakaran. 

Sekretaris Dinas Sosial DKI Jakarta, Mariana, mengatakan, selain menyalurkan bantuan pangan siap saji dan logistik, pihaknya juga bertanggung jawab untuk memberi pendampingan mental, spiritual dan psikologis kepada korban bencana atau penyintas bencana. 

Pendampingan itu akan dilakukan yang secara terpadu melalui Tim LDP Dinas Sosial DKI Jakarta yang terdiri dari pegawai Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Tenaga Pelopor Perdamaian, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) DKI Jakarta.

"Hal itu mengacu pada Peraturan Gubernur 39/2014 tentang Pembagian Tugas Satuan Kerja Perangkat Daerah Dalam Penanggulangan Bencana," ujar Mariana, Selasa (14/1/2020).

Dalam penanganan korban bencana, lanjutnya, prinsip-prinsip LDP harus dijalankan seperti identifikasi dan assessment bagi korban banjir terutama anak, lansia, ibu hamil atau menyusui. 

"Tim LDP juga memberikan berbagai kegiatan, terutama untuk anak-anak, dalam bentuk berbagai aktivitas bermain, menggambar, main puzzle dan bernyanyi," terangnya.

Hal-hal lain yang perlu menjadi perhatian yakni mekanisme LDP, kesiapan materi yang akan disampaikan, peralatan-peralatan, termasuk form identifikasi dan assessment yang digunakan saat kegiatan LDP.

"Tim LDP dapat saling bersinergi dan bekerja sama dengan berbagai SKPD maupun relawan-relawan dari masyarakat," tambah Mariana.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar