LAZ Al Azhar Gelar Aksi Medis di Desa Lenggahsari yang Seminggu Terisolir Banjir

  Selasa, 14 Januari 2020   Aldi Gultom
Selain Aksi Medis, Tim Formula Tanggap Bencana juga menyalurkan bantuan berupa bahan makanan, pakaian layak, perlengkapan bayi dan balita, alat kebersihan dan dana sosial. (dok. LAZ Al Azhar)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Selama sepekan, warga Kampung Bulak Desa Lenggahsari, Cabangbungin, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi sempat terisolir banjir. 

Kesulitan korban banjir di Desa Lenggahsari semakin bertambah karena sulitnya akses untuk sampai ke lokasi kampung mereka. 

Namun, kemarin, Tim Formula Tanggap Bencana Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar bersama Jamiyyah SD Islam Al Azhar 19 Sentra Primer bergerak mendistribusikan bantuan ke warga di sana.

Kordinator Aksi Formula Tanggap Bencana wilayah Bekasi, Eko, dikutip dari siaran pers LAZ Al Azhar. menuturkan, setidaknya ada ratusan warga korban banjir yang mengungsi di satu titik posko bencana. 

Fasilitas medis adalah hal yang paling ditunggu oleh korban banjir di desa itu. Setelah banjir surut, warga mulai mengeluhkan berbagai macam penyakit seperti diare, sakit kepala dan gatal- gatal.

“Ratusan pengungsi telah memanfaatkan fasilitas medis yang kami sediakan. Hari ini, total 200 pasien yang mendapat pelayanan medis ditangani langsung oleh 4 orang dari tim medis,” jelas Eko.

Warga juga mengaku bersyukur atas layanan kesehatan gratis ini karena mereka harus menempuh perjalanan cukup jauh untuk berobat di Puskesmas. 

Nenek berusia 70 tahun, Aleung, yang menderita gatal- gatal dan pusing kepala mengakui sama sekali belum ada bantuan yang masuk ke desa mereka. 

Selain Aksi Medis, Tim Formula Tanggap Bencana juga menyalurkan bantuan berupa bahan makanan, pakaian layak, perlengkapan bayi dan balita, alat kebersihan dan dana sosial. 

Hingga saat ini, aksi tanggap bencana masih dilakukan LAZ Al Azhar di beberapa titik daerah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Lebak Banten. Mereka membantu para korban banjir dan longsor dengan menyediakan posko bencana yang selalu siaga.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar