Yamaha

Biawak Seberat 20 Kg Dievakuasi dari Rumah Warga Kebagusan

  Jumat, 17 Januari 2020   Aldi Gultom
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Sektor IX Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan berhasil mengevakuasi seekor biawak dari rumah warga di Jalan Raya Kebagusan RT 5/1. (selatan.jakarta.go.id)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Sektor IX Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan berhasil mengevakuasi seekor biawak dari rumah warga di Jalan Raya Kebagusan RT 5/1, Kelurahan Kebagusan.

Sekretaris Kelurahan Kebagusan, Muhamad Yohan, mengatakan, keberadaan biawak itu diketahui setelah ia melewati atap salah satu atap rumah. Empat petugas Damkar langsung meluncur menuju lokasi setelah menerima laporan dari warga.

"Petugas mengevakuasi biawak di rumah salah seorang warga. Tidak ada korban yang digigit, aman," ujar Johan ketika dihubungi, Jumat (17/1/2020). 

Yohan menerangkan, biawak tersebut memiliki panjang 1,5 meter dan berat 20 kilogram. Petugas dibantu warga setempat saat mengevakuasi binatang melata tersebut.

Yohan mengatakan ini bukan pertama kali biawak berada di tengah permukiman warga. Ia menduga, biawak-bawak itu tergusur dari habitat aslinya. 

"Beberapa bulan yang lalu Tim Damkar  juga mengejar biawak di RW 01 tapi baru kali ini tertangkap. Mungkin habitat aslinya di hulu tergusur, jadi bergeser salah satunya ke Kebagusan," tambah Johan. 

Yohan mengapresiasi tindakan cepat warga melaporkan keberadaan binatang melata yang meresahkan kepada petugas berwenang.

“Warga sudah waspada jika melihat binatang melata, ular dan biawak. Pelaporan secepatnya ke petugas Damkar dilakukan agar langsung dievakuasi,” katanya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar