Yamaha

Polda Metro Jaya Tangani Kasus Pembobolan Rekening Ilham Bintang

  Senin, 20 Januari 2020   Aldi Gultom
Terduga pelaku pencurian nomor ponsel dan pembobolan rekening bank milik Ilham Bintang. Gambar ini didapatkan dari rekaman CCTV di gerai Indosat Bintaro Jaya Xchange, Jumat (3/1/2020) pukul 21.02 WIB.

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Polda Metro Jaya membenarkan ada laporan ke pihaknya terkait kasus pencurian nomor ponsel dan pembobolan rekening bank atas nama Ilham Bintang. 

Pada Jumat lalu (17/1/2020), Ilham Bintang yang dikenal sebagai wartawan senior sekaligus petinggi PWI Pusat, melaporkan kasus pembobolan rekening miliknya yang ditransfer ke hampir 100 rekening tak dikenal.

"Laporan kan baru dibuat kemarin tanggal 17 Januari 2020. Kita tunggu saja nanti (panggilan terhadap Ilham Bintang)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, saat dikonfirmasi, Senin (20/1/2020).

Laporan Ilham itu terdaftar dengan nomor laporan LP/349/I/Yan2.5/2020/SPKTPMJ. Ilham juga telah menunjuk Elza Sjarief sebagai kuasa hukumnya.

Ilham mengalami pencurian nomor kartu ponsel dan pembobolan rekening. Kasusnya berawal dari pertukaran kartu di gerai Indosat yang dilengkapi CCTV.

Perkara ini diketahui Ilham saat dirinya masih berada di Australia. Pada Sabtu (4/1/2020) pagi ia mendapati kartu seluler Indosat miliknya menunjukkan tanda "SOS". Padahal, Ilham sudah membeli paket Roaming untuk digunakan di Australia sejak tiba di Sydney pada 30 Desember 2019 pagi.

Pembobolan baru diketahuinya pada Senin (6/1/2020) siang waktu Melbourne. Pihak Commonwealth Bank mengkonfirmasi pembobolan itu kepada Ilham Bintang. Ilham dikirimi data sejak Sabtu sampai Minggu terkait transaksi di rekeningnya.

"Pencuri menguras saldo saya dengan cara mentransfer ke hampir seratus rekening. Tidak masuk akal sama sekali. Menunjukkan betapa lemahnya pengawasan bank asing ini, hasil curian leluasa dilayani transfernya seperti membayar cara pay roll gaji karyawan," kata Ilham.

Ilham Bintang mengajukan protes ke pihak Bank Commonwealth. Dia juga menelusuri ke pihak Indosat soal mengapa kartu SIM-nya tidak berfungsi. Ilham mengaku sempat mengadukan kartu SIM yang tidak aktif kepada petugas Indosat. Untuk penggantiannya, pemilik SIM-card harus datang sendiri.

Jumat ( 3/1) pukul 21.02 WIB seseorang datang ke gerai Indosat di Bintaro Jaya XChange. Orang tak dikenal itu mengaku Ilham Bintang, meminta penggantian SIM card nomor 081680xxxx.

Untuk proses hukum kasusnya, Ilham Bintang telah mengumpulkan data-data yang dibutuhkan. Mulai dari rekaman CCTV pada 3 Januari 2020 pukul 21.02 WIB di Gerai Indosat pada Mal Bintaro Jaya Xchange,  formulir isian terduga pelaku, rincian transaksi di Bank Commonwealth, hingga kartu kredit BNI.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar