Kata Gubernur Anies, Isu Penebangan Pohon Monas Cuma Ramai di Twitter

  Rabu, 22 Januari 2020   Aldi Gultom
Sebuah foto yang menggambarkan suasana Monas sebelum (kiri) dan sesudah proyek revitalisasi dimulai (kanan). (Rengga Sancaya/Rifkianto Nugroho/detik.com)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Proyek revitalisasi kawasan Monumen Nasional (Monas) mendapat sorotan tajam publik karena penebangan ratusan pohon.

Untuk membangun plaza dan air mancur, proyek yang dikerjakan Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) DKI Jakarta itu disebut mengorbankan 190 pohon. Terkesan kontradiktif karena salah satu tujuan revitalisasi Monas adalah mengembalikan fungsi Monas sebagai area terbuka hijau.

Revitalisasi Monas secara keseluruhan akan dilaksanakan selama 3 tahun meliputi kawasan Monas dan tugunya yang menjadi satu bagian dari masterplan hasil sayembara pada 2018. Nantinya di setiap sudut wilayah selatan, timur, dan barat akan ada plaza dan kolam air mancur.

Ketika diminta wartawan menjelaskan soal penebangan ratusan pohon di bagian selatan Monas, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, enggan banyak berkomentar. Menurut dia, masalah itu hanya ramai dibahas di media sosial Twitter.

"Itu ramai di twitter saja, nanti itu," ujar Anies, di tengah sesi tanya jawab bersama wartawan usai pencanangan fasilitas transit TransJakarta-MRT di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020). 

AYO BACA : Revitalisasi Kawasan Monas Utamakan Penghijauan dan Akses Pejalan Kaki ke Transportasi Umum

Anies malah meminta para wartawan menanyakan perkara itu kepada Kepala Dinas Citata, Heru Herwanto.

"Nanti Kepala Dinas Citata saja yang jelaskas," singkat Anies.

Pihak Dinas Citata sebelumnya sudah mengklarifikasi. Ratusan pohon yang ditebang diklaim bakal ditanam kembali di kawasan parkiran IRTI yang bakal berubah jadi ruang terbuka hijau. 

Kepala Unit Pengelola Monas, Muhamad Isa Sarnuri, mengatakan, penebangan 190 pohon tersebut konsekuensi dari revitalisasi Monas. 

Untuk 190 pohon yang ditebang, akan disediakan lokasi baru untuk penanaman kembali di bagian barat dan timur Monas. Pohon yang dipindahkan ke sisi barat ada 55 pohon dan ke sisi timur kurang lebih 30 pohon. Selain itu, revitalisasi akan mengubah area parkir IRTI menjadi area terbuka hijau.

AYO BACA : Tebang 92 Pohon di Monas, MRT Jakarta Janji Tanam 920 Pohon Pengganti

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar