Dinas Kesehatan: Belum Ada Warga Jakarta Terjangkit Virus Corona

  Kamis, 23 Januari 2020   Aldi Gultom
Monitor pemindai suhu tubuh penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, (Republika/Abdurrahman Rabbani)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Sampai saat ini belum ada warga Jakarta yang positif terjangkit virus corona. 

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI, Dwi Oktavia, mengaku sudah memeriksa laporan rutin dari berbagai fasilitas kesehatan terkait kemunginan adanya virus itu.

"Sampai saat ini belum ada informasi atau belum ada pasien novel corona virus yang ada di Jakarta," ujar Dwi saat dihubungi, Kamis (23/1/2020).

Dwi mengatakan, pihaknya selalu menerima informasi dari berbagai pihak seperti pengelola Bandara tentang indikasi masuknya virus dari luar negeri. Selain itu, pihak rumah sakit di Jakarta juga memberi laporan jika ada pasien warga negara asing yang baru sampai di Indonesia. Pihak negara terjangkit juga memberikan laporan jika ada warganya yang ingin mengunjungi Jakarta.

"Jadi sistem yang ada. Kami akan dapat informasi cepat itu mulai dari Bandara," jelasnya.

Ia berjanji untuk melakukan penelusuran ulang jika menemukan laporan indikasi warga Jakarta terjangkit virus corona.

AYO BACA : Sempat Diduga Terjangkit Corona, Karyawan Huawei di Gedung BRI II Sakit Radang Tenggorokan

"Kalau ada informasi baik di media ataupun perorangan, atau dari rumah sakit, kami akan telusuri ulang untuk memastikan benar atau tidak informasinya," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan China, Li Bin, mengatakan ada lebih dari 2.200 orang yang terindikasi melakukan kontak dengan pasien virus corona. Lebih dari 700 sudah dinyatakan sehat dan tidak terinfeksi, sementara sisanya masih menjalani pemantauan.

Pemerintah China menyadari kemungkinan virus bermutasi dan menyebar lebih jauh, apalagi menjelang perayaan Imlek 2571.

Gejala virus corona yang menyebabkan pneumonia antara lain demam, batuk, dan kesulitan bernapas.

Tadi siang, warga Jakarta sempat digegerkan rumor bahwa seorang pekerja PT Huawei Tech Investment asal China di Gedung BRI II, Jakarta Pusat, diduga terjangkit virus corona. 

Setelah terindikasi, karyawan tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit. Ternyata, ia hanya menderita radang tenggorokan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar