Kaget, Pras Ngaku Enggak Tahu Bagian Selatan Monas Bakal Digunduli

  Senin, 27 Januari 2020   Aldi Gultom
Foto yang menggambarkan suasana Monas sebelum (kiri) dan sesudah proyek revitalisasi dimulai (kanan). (Rengga Sancaya/Rifkianto Nugroho/detik.com)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, terkejut dengan kondisi Monas bagian selatan yang tadinya hijau kini berubah jadi gundul. 

Situasi itu ia dapati ketika melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kawasan sisi selatan Monas, Senin (27/1/2020). Pras juga menyesali pemasangan beton di kawasan yang telah digunduli tersebut.

AYO BACA : Revitalisasi Kawasan Monas Utamakan Penghijauan dan Akses Pejalan Kaki ke Transportasi Umum

"Ruang hijau kok dibuat seperti ini. Kalau adanya seperti ini, pasti enggak akan saya kasih (anggaran)," ujar Prasetio ketika sidak di Monas

Sedari awal ia heran karena Pemprov DKI Jakarta lebih dulu mengajukan anggaran untuk revitalisasi Monas.

AYO BACA : Sekda: Revitalisasi Monas Sudah Sesuai Keppres 25/1995

"Di sini juga ada suatu keanehan. Seharusnya rencananya dulu, berapa anggarannya, baru dianggarkan. Ini enggak, dibuat anggarannya dulu baru perencanaan. Ini terbalik," jelasnya.

Ia mengklaim, penebang ratusan pohon di Monas tidak seperti rencana yang disampaikan Pemprov ke DPRD saat pembahasan anggaran. Apalagi urusan pembangunan di Monas tidak bisa hanya melibatkan Pemprov, tapi juga harus mengikutkan Pemerintah Pusat.

"Izin Monas ini bukan DKI tok. Ini terkait banyak pemerintah pusat. Judulnya revitalisasi, pada saat saya yang ketok palu dengan anggaran, enggak begini loh. Bunyinya enggak begini," kata Pras seolah terkejut.

AYO BACA : Kata Gubernur Anies, Isu Penebangan Pohon Monas Cuma Ramai di Twitter

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar