Tiga RS Rujukan untuk Pasien Virus Corona, Jumlahnya Akan Ditambah

  Senin, 27 Januari 2020   Aldi Gultom
Kepala Dinas Kesehatan DKI, Widyastuti. (Beritajakarta.id/Reza)


JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pemprov DKI Jakarta menunjuk tiga rumah sakit untuk menjadi rujukan jika ada kasus pasien yang terjangkit virus Corona baru (2019-nCov).

Tiga rumah sakit itu adalah RSPI Sulianti Suroso di Jakarta Utara, RSUD Tarakan di Jakarta Pusat, dan RSPAD Gatot Subroto di Jakarta Pusat.

"Sementara ini Jakarta ada tiga RS rujukan. Ada RS Sulianti Suroso rumah sakit infeksi, RS Tarakan, dan RSPAD," ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

Widyastuti berencana menambah jumlah RS rujukan. Lokasi idealnya berdekatan dengan bandara atau pelabuhan yang menjadi pintu masuk wisatawan terutama dari China.

"Kami tentu juga sedang berupaya menyiapkan pendampingan dari RSUD. Apa yang sudah kami latih adalah yang dekat dengan bandara, adalah RSUD Koja dan RSUD Cengkareng. Ke depannya kita mengejar yang lain," katanya.

RS yang telah menjadi rujukan dipastikan memiliki perlengkapan memadai. 

Selain itu, ia memastikan Alat Pelindung Diri (APD) telah disiapkan untuk tenaga medis dari tingkat Puskesmas hingga rumah sakit.

"Hari ini juga kita mereview ulang bagaimana cara pemakaian APD, termasuk cara pengambilan spesimen. Pemeriksaan spesimen baru bisa dilakukan di Litbangkes (Kemenkes), tapi tim kami sudah bisa tata cara mengambil, sehingga yang dirujuk adalah pengiriman sampelnya," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar