Penting, Ini Ciri Septic Tank yang Baik untuk Rumah Anda

  Selasa, 28 Januari 2020   Aldi Gultom
Tangki septik yang aman harus kedap air agar air limbah tidak bocor atau merembes ke dasar tanah. (Ilustrasi/CNNIndonesia/Stockphoto)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pengetahuan tentang pembuatan tangki septik (septic tank) seharusnya menjadi hal penting untuk dimiliki setiap warga di permukiman. 

Sebab, air limbah tinja yang tidak diolah dengan baik bisa mengkontaminasi sumber baku air warga. 

Demikian disampaikan Direktur Utama PD PAL Jaya, Subekti. PD PAL Jaya adalah perusahaan daerah milik Pemprov DKI Jakarta yang bergerak di bidang jasa layanan pengelolaan air limbah sistem perpipaan, jasa layanan pengelolaan air limbah sistem setempat dan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT). 

Ia mengatakan, pencemaran air limbah dapat dicegah mulai dari rumah warga masing-masing dengan memperhatikan dan memeriksa tangki septik.

"Tangki septik yang aman harus kedap air agar air limbah tidak bocor atau merembes ke dasar tanah. Tangki septik harus memiliki lubang kontrol, serta ventilasi udara," kata Bekti, Selasa (28/1/2020).

Selain itu, tangki septik juga harus memiliki pipa masuk dan keluar. Secara berkala tangki harus dikuras atau disedot dengan durasi maksimal 3 tahun sekali.

"PD PAL memiliki Instalasi Pengolahan Limbah Tinja Duri Kosambi. Pengolahan limbah di sana dilakukan secara profesional," ujarnya.

Dalam setiap kesempatan bertemu dengan warga masyarakat, PD PAL Jaya juga selalu mensosialisasikan kriteria tangki septik yang aman.  

"Selalu sosialisasi untuk masalah ini, banyak warga yang tidak tahu akhirnya jadi tahu," ungkapnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar