Dinas Kesehatan Tingkatkan Koordinasi Cegah Wabah Corona

  Selasa, 28 Januari 2020   Aldi Gultom
Monitor pemindai suhu tubuh penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, (Republika/Abdurrahman Rabbani)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dalam pemantauan terpadu pencegahan penyebaran virus Corona.

"Saat ini deteksi terus dilakukan di pintu-pintu kedatangan baik bandara maupun pelabuhan untuk mengidentifikasi kondisi kesehatan pendatang dari luar ketika tiba Indonesia," ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, Selasa (28/1/2020).

Widyastuti menjelaskan, sistem Public Health Emergency Operating Center (PHEOC) memantau semua penyakit menular potensial KLB (kejadian luar biasa) selama 24 jam.

"Kita harus tetap waspada, makanya kami selalu kerja sama dengan tim dari KKP sebagai penjaga pintu masuk pendatang dari luar negeri baik melalui udara maupun laut, KKP Bandara Soekarno Hatta maupun Pelabuhan Tanjung Priok," terangnya.

Menurutnya, tim dari KKP sudah menyiapkan berbagai upaya untuk mencegah virus Corona masuk Indonesia. Alat pendeteksi (scanner) sudah disiapkan berikut tenaga ahlinya.

"Begitu terindikasi ada pendatang dari luar ke arah suspect atau terduga, tim KKP langsung menghubungi kami untuk investigasi pemantauan aktivitas," terangnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar