Yamaha

Pondok Labu Jadi Daerah Percontohan Gerakan Sedekah Minyak Jelantah

  Rabu, 29 Januari 2020   Aldi Gultom
Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Isnawa Adji (dua dari kiri) meluncurkan program gerakan Sedekah Minyak Jelantah di Pondok Labu. (Dok. Pemkot Jaksel)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Inilah sedekah yang lain dari biasanya. 

Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, menjadi wilayah percontohan untuk program sedekah minyak jelantah.

Program ini didukung oleh Rumah Sosial Kutub, CSR Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara (YBM- PLN). 

Menurut Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Isnawa Adji, program ini turut menciptakan sejarah baru di Jakarta.

"Kami mengajak warga untuk menorehkan sejarah dengan cara sedekah minyak jelantah. Sekarang minyak jelantah dibuang begitu saja sehingga gorong - gorong dan saluran air rusak. Itu jelas merusak lingkungan juga," jelasnya saat ditemui di Kelurahan Pondok Labu, Rabu (29/1/2020).

Dalam pelaksanaannya, minyak yang akan disedekahkan dikumpulkan terlebih dahulu oleh warga dalam sebuah jerigen. Kemudian, Rumah Sosial Kutub akan berperan dalam pengolahan minyak bekas yang disumbangkan tersebut.

"Keuntungannya, lingkungan tidak lagi tercemar, dan uang minyak dikumpulkan dan disantunkan ke anak yatim piatu atau mungkin kegiatan sosial lainnya," terangnya. 

Menurut Isnawa, program ini menjadi contoh pemeliharaan lingkungan berkolaborasi dengan masyarakat, sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

"Tadinya minyak bisa mencemari lingkungan, malah bisa jadi dibuat sebagai sesuatu yang positif," terangnya.

Isnawa juga menambahkan, program tersebut memiliki potensi yang besar dalam penerimaan yaitu mencapai Rp 2 miliar. 

"Tapi sekarang masih berjalan di angka 20 persen. Makanya nanti program ini akan serentak dijalankan di Jakarta Selatan," imbuhnya. 

Sementara itu, Direktur Rumah Sosial Kutub, Suhito, menjelaskan bahwa target program ini adalah semua kelurahan di Jakarta bisa bergabung. Pihaknya akan mendistribusikan 6000 jerigen minyak jelantah ke seluruh wilayah Jakarta dengan pembagian satu tangki jerigen untuk tiap RT. 

"Gerakan sedekah akan berdampak ke warga sendiri. Pondok Labu akan jadi prototipe kampung ekowisata," ungkapnya.

Minyak jelantah sendiri bisa menjadi bahan baku biodiesel yang akan dikirim ke Eropa. Sebagian hasil penjualan ke Eropa akan dikembalikan ke warga masyarakat, sedangkan sisanya akan digunakan untuk kegiatan sosial atau pembelian buku.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar