Yamaha

Asosiasi Pengusaha Indonesia di Korea Resmi Berdiri

  Jumat, 31 Januari 2020   Aldi Gultom
Dubes Umar Hadi berfoto bersama para pengusaha dan profesional Indonesia di Korsel. (Dok. KBRI Seoul)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Ada banyak pengusaha hebat di antara warga negara Indonesia yang berdiam di Korea Selatan. 

Pengusaha dan profesional dari Indonesia tersebar di berbagai sektor, mulai dari kuliner, e-commerce, trading hingga furnitur.

Untuk mewadahi komunikasi dalam bersinergi, terutama untuk meningkatkan kapasitas SDM para pelaku usaha tersebut, para pengusaha Indonesia sepakat membentuk Asosiasi Pengusaha Indonesia di Korea Selatan atau APINKOR. Asosiasi ini diresmikan di kantor KBRI di Seoul, hari ini (Jumat, 31/1/2020). 

Pengusaha kuliner asal Indonesia, Subandi, yang telah memiliki beberapa gerai makanan khas Indonesia di berbagai pelosok Korsel, berharap asosiasi ini dapat berkiprah, berkembang dan bersinergi dengan pengusaha di Korea Selatan untuk mengembangkan usaha demi kemakmuran bersama.

Dubes RI di Seoul, Umar Hadi, mendukung penuh pembentukan APINKOR. Ia mengaku bangga karena pelaku usaha dan profesional Indonesia yang berada di Korea mempunyai keinginan untuk membentuk suatu wadah.

"APINKOR tidak hanya akan menjadi tempat berkumpul dan bersilaturahmi, tetapi juga sebagai sebagai wadah diskusi, berbagi ilmu, serta mencari peluang untuk maju, dan tumbuh bersama,” ungkap Dubes Umar Hadi, dikutip dari siaran pers KBRI Seoul.

Ia katakan, KBRI Seoul akan terus memfasilitasi dan membimbing para pengusaha Indonesia jika terdapat hambatan yang dijumpai dalam aktivitas pengembangan usahanya. 

APINKOR digagas pada Desember 2019. Saat ini, organisasi tersebut telah beranggotakan 33 pengusaha dan profesional. Jumlah tersebut diprediksi terus meningkat seiring semakin dikenalnya wadah ini.

Selain meresmikan APINKOR, pada saat yang bersamaan, Dubes Umar Hadi juga menyerahkan Primaduta Award dari Pemerintah RI kepada empat perusahaan importir Korea Selatan yang dinilai telah berprestasi dan loyal dalam mengimpor produk-produk Indonesia. 

Keempat perusahaan tersebut adalah Dansuk Industrial, Co. Ltd., dan Sammick Musical Instruments, Co. Ltd., yang berhasil terpilih menerima penghargaan untuk Kategori Pasar Utama Produk Manufaktur/Industri, serta The Charcoal, Inc., dan MSC, Co. Ltd., untuk Kategori Pasar Utama Produk UMKM. 

Dubes menggarisbawahi bahwa tahun ini Korsel adalah negara yang mendapatkan Primaduta Award paling banyak.

Selain para pelaku usaha Indonesia dan Korea, acara itu juga dihadiri pimpinan Jababeka Group, Setyono Djuandi Darmono; Presiden Korea-Indonesia Management Association, Kim Ki-Chan; Mantan Menteri UKM Korsel, Joo Young Sup; dan staf KBRI Seoul. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar