Yamaha

Jokowi Melayat ke Rumah Duka Gus Solah Pagi Ini

  Senin, 03 Februari 2020   Editor
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melayat ke rumah almarhum Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Sholah. (Suara.com/Stephanus)

JAKARTA SELATAN, AYOJAKARTA.COM -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melayat ke rumah almarhum Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Sholah di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020) pagi.

Tampak mendampingi Jokowi di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala KSP Moeldoko, Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Jokowi datang sekitar pukul 07.30 WIB dan langsung melakukan salat jenazah. 

Sementara itu, Wakil Presiden Maruf Amin sudah hadir terlebih dahulu sekitar pukul 05.45 WIB bersama istrinya, Wury Estu.

Gus Solah adalah adik Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid. Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, itu tutup usia dalam 77 tahun di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta pada Minggu (2/2/2020) pukul 20.55 WIB.

Gus Solah yang lahir di Jombang, Jawa Timur, 11 September 1942 dikenal sebagai seorang aktivis, ulama, politikus, dan tokoh pembela hak asasi manusia (HAM) di Indonesia.

Ia pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa awal reformasi 1998, dan juga Wakil Ketua Komnas HAM.

Bersama kandidat presiden Wiranto, Gus Solah mencalonkan diri sebagai kandidat wakil presiden pada Pemilihan Presiden 2004, namun kalah di babak pertama karena menempati peringkat ketiga.

Gus Solah sudah disemayamkan di rumah duka sejak semalam. Rencananya akan diterbangkan ke Jombang lewat Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta pukul 09.00 WIB dan dimakamkan di samping makam Gus Dur di kompleks pemakaman keluarga di Tebu Ireng, pukul 16.00 WIB sore nanti.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar