Hujan Terus-menerus, Ini Perintah Wali Kota Rustam

  Selasa, 04 Februari 2020   Aldi Gultom
Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi. (Poskotanews.com)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Intensitas curah hujan di Jakarta masih berlangsung. Banjir masih jadi ancaman sehari-hari.

Terkait itu, Wali Kota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi, menginstruksikan para Lurah se-Jakbar untuk rutin mengecek kondisi tali air di wilayah masing masing.

“Pantau tali air di wilayah masing masing dan harus rutin dibersihkan. Ajarkan petugas PPSU (penanganan prasarana dan sarana umum) cara penanganannya. Jadi, tidak boleh ada genangan karena tali airnya mampet. Ini sudah berulangkali saya ingatkan,” tegas Wali Kota saat rapat pimpinan di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakbar, Selasa (4/2/2020).

Menurutnya, bisa dimaklumi bila banjir terjadi akibat curah hujan tinggi di wilayah yang kondisinya berupa cekungan. Untuk kasus ini, penanganannya harus dengan pompa penyedot air. Tapi, tidak ada alasan bila banjir terjadi akibat tali air yang mampat. 

“Enggak ada lagi genangan karena tali air mampat,” perintah Rustam.

Ia juga meminta satuan atau unit kerja perangkat daerah (SKPD/UKPD) terkait mengupayakan pembuatan turap pada kali atau sungai yang belum dibuatkan sheet pile, seperti di sebagian anak kali Angke di wilayah Kelurahan Kembangan Utara dan lainnya, termasuk pada saluran penghubung (Phb). 

“Ini segera dihimpun dan ditindaklanjuti. Buatkan surat ke provinsi untuk segera ditangani, baik kewenangan pusat maupun Pemprov DKI,” ujarnya. 

Ia juga menginstuksikan agar rumah pompa selalu dalam kondisi siaga termasuk gensetnya. Genset harus berada di tempat aman dan dipastikan tidak bakal terendam air saat terjadi banjir. 

“Jangan ada lagi cerita nanti pompa kita mati karena gensetnya tergenang. Gensetnya jangan di bawah. Jangan juga pompa mati karena rusak, usianya sudah tua, ganti yang baru. Ini semua untuk meminimalisir genangan yang terjadi di Jakarta Barat,” titah Rustam. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar