Yamaha

Sandiaga Uno Sarankan Debat Terbuka Calon Wakil Gubernur Jakarta

  Selasa, 04 Februari 2020   Aldi Gultom
Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. (Tempo/Subekti)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2018, Sandiaga Uno, menyarankan diadakan sesi debat Cawagub DKI Jakarta. 

Saat ini, pencalonan dua kandidat, Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra dan Nurmansyah Lubis dari PKS, sedang diproses DPRD DKI Jakarta. 

Menurut Sandiaga, ketimbang menjalani fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan), akan lebih baik bila dua Cawagub itu diadu di panggung debat. 

"Kalau debat bisa terbuka dan bisa mengajak akademisi, para pegiat lingkungan, pegiat transportasi, pegiat tentang polusi udara dan sebagainya," kata Sandiaga saat ditemui di Gedung KK, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020).

AYO BACA : Presiden PKS: Uji Publik Cawagub DKI Perlu Agar Tak Beli Kucing dalam Karung

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu mengatakan, publik layak mengetahui wawasan dan kemampuan dari kedua Cawagub tersebut. 

"Cepat sosialisasikan time table-nya seperti apa, kapan (sidang) paripurnanya, sebelum itu bisa diisi diskusi publik, dengan debat kalau bisa," saran Sandiaga.

Sandiaga berharap proses pemilihan Wagub pengganti dirinya bisa cepat tuntas karena jabatan yang ditinggalkannya sudah kosong lebih dari setahun. Sandiaga resmi mundur dari jabatan Wagub DKI pada 27 Agustus 2018 untuk mengikuti Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019

"Sekarang sudah 18 bulan (kosong), sudah cukup lama ini tertunda. Kita berharap dari dua sosok itu bisa terpilih dan dari siapapun dipilih DPRD segera bisa bekerja menuntaskan rencana kerja yang sudah dicanangkan pada periode 2017-2022," katanya.

AYO BACA : Serahkan Wagub Ke Riza Patria, PKS Dapat Apa?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar