Yamaha

Robot Pemadam Kebakaran Diuji Coba di Jakarta Timur

  Kamis, 06 Februari 2020   Aldi Gultom
Uji coba robot pemadam kebakaran dilakukan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur di halaman kantor Pusdiklat Gulkarmat, kawasan Ciracas. (Beritajakarta.id/Nurito)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Tak lama lagi robot pemadam kebakaran akan beroperasi di wilayah Jakarta.

Hari ini, uji coba robot pemadam kebakaran dilakukan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur di halaman kantor Pusdiklat Gulkarmat, kawasan Ciracas, Jaktim.

Uji coba pemadaman api yang membakar tumpukan ban bekas dilakukan dengan melibatkan teknisi robotik dari Kroasia, negara yang memproduksi robot tersebut.

"Setelah dilakukan uji coba, ke depan robot pemadam ini akan kami siagakan untuk membantu petugas dalam melakukan pemadaman api maupun mengurai material kebakaran," ujar Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Muchtar Zakaria, Kamis (6/2/2020).

Sambung Muchtar, robot ini juga mampu mendorong benda berkekuatan 8 ton, mampu menarik benda seberat 6 ton, mampu mengangkat benda seberat 2,5 ton serta tahan api dan ledakan.

"Robot ini juga mampu menampung air sebanyak 500 liter dan busa 400 liter dengan jangkauan semprot airnya mencapai 55 meter dan semprot busa sejauh 40 meter," jelasnya.

Kabid Sarana Peasarana Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Suharja, mengatakan, pihaknya juga menggelar pelatihan mengendalikan robot pemadam kepada 53 petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur mulai hari ini sampai 12 Februari mendatang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar