Yamaha

Anies: Air Laut Surut, Banjir Jakarta Surut

  Sabtu, 08 Februari 2020   Aldi Gultom

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memantau tinggi muka air (TMA) di Pintu Air Manggarai, Jalan Tambak, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020) pagi.

"Sejak tadi malam, kita sudah antisipasi bahwa akan ada volume air yang datang ke Jakarta, lalu semua daerah aliran sungai. Para Lurah sudah mengabarkan warga sekitar untuk mengantisipasi," ujar Anies usai memonitor beberapa titik pintu air di Jakarta melalui Command Center Pintu Air Manggarai, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Kedatangan Anies merupakan langkah lanjutan atas pemantauan sehari sebelumnya di Bendung Katulampa, Bogor. Pukul 16.00 WIB kemarin (Jumat, 7/2/2020), Bendung Katulampa menunjukkan peningkatan tinggi muka air. Puncaknya terjadi pada Jumat malam, pukul 22.00 WIB.

Air kiriman dari Bogor itu sudah tiba di Jakarta dan sempat mencapai ketinggian 940 cm di Pintu Air Manggarai. Namun, selang beberapa jam, ketinggian air sudah turun menjadi 880 cm.

Anies menjelaskan, saat ini jajaran Pemprov DKI Jakarta sedang memantau penurunan muka air laut agar air sungai dapat dialirkan ke laut.

"Nah, yang sekarang sedang kita pantau adalah permukaan air laut. Menurut prediksi, permukaan air laut akan mulai surut sekitar pukul 09.30. Ketika itu mulai turun, maka semua pintu air bisa dibuka secara maksimal, maka Insya Allah air bisa segera surut di Jakarta," terangnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar